Find Us On Social Media :

Healthy Move, Lakukan Latihan Crunch Untuk Membantu Meratakan Perut

Crunch, latihan untuk meratakan perut lebih ampuh dari sit-up.

GridHEALTH.id - Latihan perut seperti sit-up tradisional dapat membantu kita meratakan perut dengan mengencangkan otot-otot.

Namun, gerakan ini tidak akan membantu kita "membakar" lemak apa pun yang menutupi otot, dan mereka tidak akan memberi kita hasil terbaik.

Kombinasikan serangkaian latihan untuk meningkatkan efektivitas rutinitas. Juga, American Council on Exercise melaporkan sit-up tradisional mengaktifkan lebih sedikit aktivitas otot daripada banyak bentuk latihan perut lainnya.Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2008, para peneliti di Biomechanics Lab di San Diego State University menemukan bahwa latihan yang membutuhkan rotasi tubuh dan stabilisasi perut yang konstan adalah latihan perut yang paling efektif.

Melakukan crunch pada bola latihan, misalnya, dikatakan mengaktifkan otot rektus abdominis kita 39% lebih banyak dan mengaktifkan obliques  47% lebih banyak daripada crunch tradisional.

Sit-up sepeda menargetkan rectus abdominis kita 148% lebih banyak dan obliques kita 190 % lebih banyak.

Baca Juga: Healthy Move, Latihan Otot Inti dengan Medicine Ball Agar Perut Rata

Baca Juga: Senam Anti Hipertensi, Gerakan Ringan Melawan Tekanan Darah Tinggi

Untuk melakukan serangkaian sit-up sepeda, berbaring telungkup di atas matras dengan punggung bawah ditekan ke bawah dan tangan diletakkan dengan lembut di sisi kepala.

Tarik lutut ke sudut 45 derajat, kencangkan perut dan perlahan angkat bahu  dari matras saat mencapai siku kanan dan lutut kiri ke arah satu sama lain.

Secara bersamaan rentangkan kaki kanan sekitar satu kaki dari tanah dengan jari kaki mengarah ke depan. Putar dengan cara bersepeda untuk bergantian antara kaki dan siku. Ulangi 10 kali, istirahat dan ulangi. (*)