Find Us On Social Media :

Waspada, Henti Jantung Mendadak Bisa Terkena di Semua Usia, Ini Cara Mencegahnya

Henti jantung mendadak terjadi di semua usia. Ketahui cara mencegahnya.

GridHEALTH.id - Serangan jantung mendadak jarang terjadi pada orang muda, tetapi mungkin bisa saja terjadi.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), sekitar 2.000 orang muda yang tampaknya sehat di bawah usia 25 di Amerika Serikat meninggal setiap tahun karena serangan jantung mendadak.

Kematian ini meninggalkan dampak besar dan menyedihkan bagi keluarga dan masyarakat. Tetapi ada cara untuk membantu mengidentifikasi faktor risiko yang dapat membantu mencegah tragedi ini.

Apa itu henti jantung mendadak?

Sudden Cardiac Arrest (SCA) adalah keadaan darurat yang mengancam jiwa yang terjadi dari hilangnya fungsi jantung secara tiba-tiba dan tak terduga yang menyebabkan hilangnya kesadaran dan kolaps.

SCA bisa berakibat fatal jika tidak diobati dalam beberapa menit. Kelangsungan hidup di luar rumah sakit tergantung pada orang-orang terdekat yang menelepon ambulans dan tanggap darurat yang cepat.

Apakah ada tanda-tanda peringatan untuk serangan jantung mendadak sebelum itu terjadi?Ketika SCA terjadi pada orang muda yang tampak sehat, biasanya tidak ada cedera atau alasan medis yang diketahui pasien atau keluarga.

Beberapa orang muda yang menderita SCA mungkin pernah mengalami gejala yang berhubungan dengan jantung, seperti sesak napas, nyeri dada, atau pingsan, yang tidak dianggap sebagai sesuatu yang mengancam jiwa. Lainnya tidak pernah memiliki gejala masalah jantung sampai kejadian SCA.

Kapan kematian jantung mendadak bisa terjadi pada orang muda?Serangan jantung mendadak dianggap sebagai penyebab utama kematian pada atlet muda, tetapi juga mempengaruhi orang muda yang tidak terlibat dalam olahraga.

Ini bisa terjadi saat berolahraga atau saat istirahat, atau bahkan saat tidur. Dalam beberapa kasus, orang muda dapat meninggal karena serangan jantung mendadak beberapa hari atau minggu kemudian karena kerusakan otak yang terjadi selama SCA.

Apa yang menyebabkan serangan jantung mendadak pada orang muda?

Baca Juga: Peringatan Hari Jantung Sedunia, Terapkan Gaya Hidup Sehat Untuk Kesehatan Jantung