Find Us On Social Media :

Waspada, Penyebab Kutil Kelamin Pria yang Jarang Diketahui Banyak Orang

Human papillomavirus (HPV), penyebab paling umum kutil kelamin pria.

GridHEALTH.id - Penyebab tersering munculnya kutil kelamin pria sebenarnya adalah human papillomavirus (HPV) yang merupakan infeksi menular seksual (IMS) yang paling umum di dunia.

Apa itu HPV?HPV adalah IMS yang sangat umum. Di antara 15 hingga 59 tahun, 2 dari 5 (40%) orang akan memiliki HPV. Ada banyak jenis HPV yang berbeda; sebagian besar tidak menyebabkan masalah kesehatan. HPV adalah virus yang berbeda dari HIV atau (HSV) herpes.

Bagaimana pria mendapatkan HPV?Seorang pria bisa mendapatkan HPV dengan melakukan hubungan seks vaginal, anal, atau oral dengan seseorang yang memiliki virus.

Ini paling sering menyebar selama seks anal atau vagina. Ini juga menyebar melalui sentuhan kulit-ke-kulit yang dekat saat berhubungan seks. HPV dapat menyebar bahkan ketika seseorang dengan infeksi tidak memiliki tanda atau gejala.Jika seseorang aktif secara seksual, iabisa terkena HPV bahkan jika hanya berhubungan seks dengan satu orang.

Gejala dapat muncul bertahun-tahun setelah kita berhubungan seks dengan seseorang yang terinfeksi. Ini membuatnya sulit untuk mengetahui kapan pertama kali mendapatkannya.

Apa saja gejala HPV?Kebanyakan pria yang terkena HPV tidak pernah memiliki gejala. Infeksi biasanya hilang dengan sendirinya. Tapi, jika HPV tidak hilang, bisa menyebabkan kutil kelamin atau jenis kanker tertentu.

Segera ke dokter bila muncul sesuatu yang baru atau tidak biasa pada penis, skrotum, anus, mulut, atau tenggorokan.

Ini termasuk kutil, pertumbuhan yang tidak biasa, benjolan, atau luka.Apakah HPV akan menyebabkan masalah kesehatan bagi saya?

Baca Juga: 4 Rekomendasi Obat Kutil Kelamin Pria di Apotek, Sesuai Anjuran Dokter

Baca Juga: Atur Pola Makan yang Sehat Untuk Pasien Hipertensi, Simak Selengkapnya!

Sebagian besar infeksi HPV hilang dengan sendirinya dan tidak menyebabkan masalah kesehatan.

Namun, jika HPV tidak hilang, dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti kutil kelamin. Ini juga dapat menyebabkan beberapa jenis kanker.