Find Us On Social Media :

Jaga Kesehatan Jantung dengan Rajin Konsumsi Rebusan Daun Salam, Ini Cara Membuatnya!

Air rebusan daun salam baik untuk kesehatan jantung.

GridHEALTH.id - Bersumber dari wilayah Mediterania serta Amerika Utara dan Amerika Tengah, daun salam berasal dari pohon salam dan telah lama digunakan dalam sup, semur, dan saus karena rasanya yang kuat dan sedikit pahit.

Jika belum pernah mencoba daun salam sebelumnya, daun salam memiliki profil rasa yang mirip dengan oregano atau thyme.

Seperti kebanyakan rempah, selain digunakan untuk memberi rasa lebih pada makanan, daun salam juga telah lama digunakan untuk diseduh dan dinikmati sebagai teh.

Seperti semua teh, teh daun salam bermanfaat bagi tubuh dengan caranya sendiri yang unik. Ahli ramuan herbal dan ahli gizi dari situs Better Health Jessica Swift, RD, menjelaskan manfaat kesehatan serta efek samping atau risiko yang harus diperhatikan. Plus, tips menyeduh daun salam menjadi teh yang berkhasiat.

Lalu, apa saja manfaat rebusan daun salam yang dibuat teh?

1. Baik untuk kesehatan jantungManfaat utama dari mengonsumsi rebusan daun salam yang dibuat teh adalah baik untuk jantung.

Karena merupakan kombinasi potasium, antioksidan, dan zat besinya yang kuat. "Kalium sangat penting untuk kesehatan jantung, membantu irama jantung serta menurunkan tekanan darah," kata Swift.

Antioksidan membantu menurunkan peradangan dengan melindungi dari radikal bebas dalam tubuh dan telah dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung. Adapun zat besi, penting untuk kesehatan jantung karena melindungi terhadap penyakit jantung dan stroke.

Sementara penelitian lebih lanjut yang secara khusus berfokus pada teh daun salam perlu dilakukan, satu penelitian yang diterbitkan dalam Journal Clinical Biochemistry and Nutrition menemukan bahwa satu hingga tiga gram daun salam yang dikonsumsi setiap hari dikaitkan dengan 26% kadar kolesterol yang lebih rendah.

Tentu harus dibarengi dengan gaya hidup sehat seperti berolahraga serta mengurangi makanan berlemak.

2. Dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2

Dalam studi Biokimia dan Nutrisi Klinis yang sama, konsumsi daun salam juga dikaitkan dengan penurunan risiko diabetes tipe 2. Swift mengatakan hal ini karena selain mendukung kesehatan jantung, konsumsi daun salam juga dapat membantu mengatur dan menurunkan tekanan darah.