Find Us On Social Media :

Manfaat Pengobatan Alternatif untuk Kanker Payudara, Layak Dicoba

Pengobatan alternatif untuk kanker payudara, di antaranya dengan akupunktur. Konsultasikan dulu dengan dokter yang merawat.

GridHEALTH.id -Pengobatan komplementer dan alternatif membantu beberapa wanita mengurangi efek samping radiasi dan kemoterapi.

Beberapa menggunakannya untuk membantu mengurangi stres pengobatan. Pengobatan komplementer juga dapat membantu kita merasa berdaya.

Mereka mungkin menemukan manfaat dalam mempraktikkannya untuk pengobatan diri yang positif daripada hanya mengandalkan dokter untuk kesehatan dan kesejahteraan mereka.   Apa itu pengobatan komplementer dan alternatif, atau CAM/complementary and alternative medicine? Pengobatan untuk masalah medis biasanya sesuai dengan salah satu dari tiga kategori: - Pengobatan standar juga disebut pengobatan  "tradisional" atau "konvensional". Ini mengacu pada pengobatan khas Barat. Untuk kanker payudara, yang meliputi kemoterapi, terapi hormon, radiasi, dan pembedahan. - Pengobatan komplementer mengacu pada semua jenis pengobatan yang kita gunakan bersama dengan pengobatan standar. Banyak pengobatan komplementer mungkin memiliki nilai yang besar. Tetapi seringkali ada kekurangan penelitian mengenai risiko, manfaat, efek samping, dan bagaimana mereka dapat berinteraksi dengan pengobatan standar. Tetapi penelitian tentang CAM sedang berkembang. Terapi komplementer menjadi bagian dari pilihan pengobatan dokter. Dan semakin banyak dokter yang merekomendasikannya kepada pasien. - Pengobatan alternatif mengacu pada pengobatan yang digunakan untuk menggantikan pengobatan standar sebagai alternatif pendekatan medis Barat. Pengobatan alternatif telah digunakan di seluruh dunia selama berabad-abad. Tetapi seperti pengobatan komplementer, mereka belum melalui pengujian yang ketat.

Bagaimana pengobatan komplementer dan alternatif dikembangkan?

Baca Juga: Cara Mengenali Gejala Awal Kanker Payudara, Serta Mencegahnya

Baca Juga: 6 Penyakit Ginjal Pada Anak, Kenali Sejak Dini Penyebab dan Gejalanya

Banyak dari terapi ini berakar pada sistem medis alternatif. Sistem ini memiliki cara yang berbeda untuk memahami tubuh manusia, penyakit, dan penyembuhan. Akibatnya, mereka berbeda, terkadang secara signifikan, dari pengobatan Barat. Kebanyakan pengobatan komplementer dan alternatif adalah bentuk pengobatan holistik. Itu berarti mereka berusaha memulihkan kesehatan dan keseimbangan pada "manusia seutuhnya", yang bukan hanya tubuh. Mereka fokus pada pikiran, emosi, dan semangat kita juga.

Jenis pengobatan komplementer dan alternatif - Pengobatan tradisional Tiongkok, yang menggunakan akupunktur, tai chi, qigong, herbal, dan pijat untuk membuka blokir jalur energi internal yang diyakini mengalir ke seluruh tubuh.

- Pengobatan Ayurveda, sistem kuno dari India. Ini berusaha untuk menyelaraskan pikiran, tubuh, dan jiwa melalui makanan, meditasi, dan pijat.

- Naturopati dan homeopati, yang menggunakan herbal, tumbuhan, dan produk alami lainnya untuk membantu tubuh menyembuhkan dirinya sendiri.

-  Metode penyembuhan pribumi, yang berasal dari praktik penduduk asli di negara tersebut. Setiap suku atau adat setempat memiliki keyakinannya sendiri tentang penyebab penyakit dan penyembuhannya. Bisakah herbal, suplemen, dan tumbuhan membantu kanker payudara? Antioksidan yang telah dipelajari untuk mencegah atau mengobati kanker termasuk vitamin C dan E dan koenzim Q10. Studi belum menunjukkan bahwa mereka membantu. Tetapi bicaralah dengan dokter yang merawat sebelum mengonsumsi suplemen vitamin, mineral, atau herbal apa pun, terutama dalam dosis tinggi.

Ini termasuk kapsul bawang putih, ginseng, ginkgo, kedelai, dan valerian. Beberapa suplemen ini dapat mempengaruhi pengobatan kanker.