Find Us On Social Media :

Jangan Disepelekan, Sederet Komplikasi Asam Urat Berbahaya dan Harus Diwaspadai

Tophi, salah satu komplikasi asam urat yang timbul karena asam urat tidak diobati.

GridHEALTH.id - Sering mengalami nyeri pada jempol kaki dan area sendi lainnya dengan hebat, bisa jadi ini adalah pertanda dari adanya serangan asam urat.

Seseorang yang mengalami kondisi ini, maka ada baiknya untuk segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan tepat ataupun melakukan berbagai pencegahan untuk meminimalisir intensitas serangan.

Hal ini dikarenakan, asam urat menjadi salah satu penyakit radang sendi yang sangat mungkin untuk dikendalikan namun bisa juga berisiko berbahaya jika dibiarkan.

Asam Urat

Dikatakan sebagai penyakit asam urat, jika seseorang kesulitan mengeluarkan kadar asam urat, sehingga terus menumpuk dan akhirnya mengkristal dekat dengan persendian, khususnya di jempol, lutut, dan siku.

Penyebabnya pun beragam, mulai dari usia, obesitas, penyakit yang mendasari, keturunan, hingga gaya hidup seperti merokok, konsumsi alkohol, hingga konsumsi terlalu banyak purin.

Sebagai salah satu masalah peradangan pada nyeri sendi, penyakit asam urat tidak dapat dibiarkan dan disepelekan begitu saja.

Jika dibiarkan, maka tanpa disadari penyakit ini akan berisiko menimbulkan berbagai macam komplikasi, inilah komplikasi asam urat yang mengintai penderitanya jika dibiarkan.

Komplikasi Asam Urat

Beberapa penyakit yang perlu dikenali sebagai risiko terjadinya komplikasi asam urat, yaitu:

1. Batu ginjal dan gagal ginjal

Baca Juga: Jangan Sembarang Minum Obat-obatan Berikut Ini, Pemicu Asam Urat Tinggi