Find Us On Social Media :

Penyakit Ginjal Juga Bisa Terjadi Pada Pada Anak, Benarkah Karena Kurang Minum?

Salah satu gejala penyakit ginjal pada anak adalah sering merasa lelah.

GridHEALTH.id - Dari berbagai penelitian, penyebab penyakit ginjal pada anak terbanyak adalah dari kelainan bawaan. Selain kelainan bawaan, peradangan pada ginjal atau glomerulonephritis, infeksi dan autoimun menjadi salah satu penyebabnya penyakit ginjal apada anak.“Pada tahap awal, penyakit ginjal pada anak sering kali tidak menunjukkan gejala sehingga terkadang bisa terlewat dan baru diketahui pada usia remaja.

Gejala baru mulai timbul ketika fungsi ginjal sudah mulai menurun atau rusak. Ketika ginjalnya sudah mengalami gangguan, anak dapat menunjukkan beberapa gejala antara lain, timbulnya keluhan bengkak di bagian wajah, tangan dan kaki, sering merasa kelelahan dan tampak pucat/anemia serta demam  yang disebabkan dari infeksi ginjal” tutur dr. Ina Zarlina, Sp.A(K) dari RSAB Harapan Kita dikutip dari situs RSAB Harapan Kita.

Penyakit ginjal yang kronis akan memberikan dampak pada tumbuh kembang anak, dikarenakan pasien pada penyakit ginjal biasanya mengalami gejala anemia.

Keadaan anemia kronis ini akan mempengaruhi pertumbuhan seperti salah satunya anak akan terlihat lebih pendek dari anak-anak sebayanya serta adanya keterlamabatan dari tanda-tanda seks.

Pada keaadan ini juga dapat terjadi perburukan gizi, biasanya asam di tubuh meningkat dan menggangu penyerapan nutrisi seperti tidak napsu makan, sehingga mempengaruhi tumbuh kembang dan kecerdasan anak.Jika anak terkena penyakit ginjal, maka tubuh anak akan mengalami kebengkakan. Dikarenakan protein yang diserap dari makanan sehari-hari akan hilang/lost di urine, hal ini disebabkan sawar pada ginjal mengalami kebocoran karena adanya proses peradangan atau proses autoimun.

Akibatnya tubuh akan bengkak karena protein albumin itu adalah salah satu zat yang mengatur konsentrasi kekentalan darah dan otomatis cairan akan keluar ke tubuh dan tubuh anak akan menjadi bengkak.Ginjal merupakan bagian dari saluran kemih yang memiliki fungsi utama menyaring kotoran dan darah untuk dibuang melalui urine. Ada beberapa tes sederhana yang bisa dilakukan untuk mengecek kondisi ginjal.

Selain dengan pemeriksaan tekanan darah, perubahan warna urine juga menjadi salah satu tanda penyakit ginjal kronik atau gagal ginjal.

“Apabila warna urine keruh berarti tanda kurang cairan, namun ketika ginjal bermasalah atau tidak bisa berfungsi dengan baik, akan terjadi peningkatan konsentrasi dan akumulasi zat dalam urine yang menyebabkan warna urine menjadi lebih gelap, seperti cokelat, merah atau ungu” ucap dr. Ina Zarlina, Sp.A(K).Penanganan penyakit ginjal pada anak tergantung pada penyebabnya. Misalnya, penyakit ginjal yang disebabkan oleh tekanan darah tinggi harus diatasi dengan menurunkan tekanan darah.

Baca Juga: Gejala dan Penyebab Penyakit Ginjal Pada Anak, Benarkah Karena Kurang Minum?

Baca Juga: Cara Menghilangkan Kaki Pecah-pecah Dengan Garam, Enggak Pakai Mahal!

Jika disebabkan oleh infeksi, maka dokter akan mengatasi infeksi yang menyebabkan penyakit ginjal dengan obat antibotik.

Penyakit ginjal yang disebabkan oleh cacat bawaan lahir, akan disarankan dengan langkah operasi untuk memperbaiki bagian ginjal yang cacat atau tidak berfungsi dengan baik.Jika anak sudah mengalami gagal ginjal, penanganan yang akan diberikan yaitu meliputi obat-obatan dan diet khusus untuk penyakit ginjal, cuci darah, transfusi darah (jika gagal ginjal sudah menyebabkan anemia) dan transplantasi ginjal.