Find Us On Social Media :

Retinopati Diabetik Banyak Terjadi di Usia Produktif, Bagaimana Mencegahnya?

Penyandang diabetes disarankan rutin melakukan pemeriksaan mata untuk deteksi dini masalah penglihatan.

GridHEALTH.id - Angka penyandang diabetes di Indonesia berada di urutan kelima di dunia.

Berdasarkan data International Diabetes Federation pada 2021, jumlah orang yang terkena penyakit ini mencapai 19,5 juta dan masih akan terus bertambah.

Kondisi ini perlu mendapat perhatian lebih, karena diabetes dapat berujung pada komplikasi serius seperti gangguan penglihatan retinopati diabetik (DR).

Dokter Spesialis Mata Konsultan dari RSCM, Dr. dr. Gitalisa Andayani, Sp.M(K), mengatakan sekitar 43% penyandang diabetes berisiko mengalami gangguan mata tersebut.

"Indonesia saat ini menempati peringkat 5 dunia dengan penderita diabetes terbanyak. 43% pasien diabetes ini memiliki risiko untuk menderita diabetik retinopati dan 26% di antaranya juga memiliki risiko kehilangan penglihatan," ujarnya dalam virtual media briefing Bayer, Selasa (11/10/2022).

Apa itu diabetik retinopati diabetik?

Ini merupakan komplikasi diabetes yang terjadi akibat tingginya kadar gula darah dalam tubuh, sehingga pembuluh yang mengalirkan darah ke retina menjadi lemah.

Kondisi ini paling sering dialami oleh usia produktif, sehingga tentu saja kehidupan sehari-hari akan terganggu.

“Kehilangan penglihatan mengurangi kemandirian produktivitas, serta melakukan fungsi sehari-hari, dan dapat berdampak drastis pada kehidupan mereka,” kata Dr. dr. Elvioza, Sp.M(K), Dokter Spesialis Mata Konsultan JEC.

Orang-orang yang mengalami diabetes dan juga terkena renopati diabetik, bisa kehilangan pekerjaannya akibat penglihatan yang terganggu.

Tak hanya fisik, kesehatan mental pun juga akan terdampak. Mereka seringkali mengalami depresi, akibat kekhawatiran kehilangan penglihatan dan harus bergantung pada orang lain.

Baca Juga: Pencegahan Kebutaan Pada Penyandang Diabetes, Begini Caranya