Find Us On Social Media :

India Hadapi Infeksi Superbug Kebal Antibiotik, Ribuan Orang Masuk Rumah Sakit

Infeksi superbug yang terjadi di India meningkat hanya dalam waktu satu tahun.

GridHEALTH.idIndia saat ini tengah berjuang melawan masalah kesehatan lain, setelah melaporkan infeksi superbug.

Apa itu infeksi superbug? Menurut Mayo Clinic, ini merupakan strain bakteri, virus, parasite, dan jamur yang resisten terhadap sebagian besar antibiotik maupun obat lain untuk mengobati infeksi.

Beberapa contoh dari penyakit infeksi superbug termasuk bakteri resisten yang menyebabkan pneumonia, infeksi saluran kemih, dan infeksi kulit.

Kasus penyakit infeksi yang kebal antibiotik ini, paling banyak ditangani di rumah sakit yang berada di negara bagian Maharashtra, India barat.

Di mana 1.000 tempat tidur telah terisi oleh pasien yang mengalami masalah kesehatan dengan keluhan ruam.

Fenomena superbug terjadi saat bakteri yang menyebabkan infeksi menjadi kebal terhadap antibiotik yang seharusnya mengalahkan mereka dan menyembuhkan penyakit.

Menyebabkan tingginya angka kematian

Jurnal medis The Lancet, pada 2019 lalu mencatat resistensi antibiotik telah menyebabkan 1,27 juta kematian di seluruh dunia.

India termasuk salah satu negara dengan tingkat keparahan tertinggi dalam kondisi ini. Resistensi telah mengakibatkan kematian terhadap 60.000 bayi baru lahir setiap tahun.

Namun, laporan terbaru menunjukkan kalau keadaan saat ini jauh lebih buruk dibandingkan dengan sebelumnya.

Tes pun dilakukan di Rumah Sakit Kasturba, untuk mengetahui antibiotik jenis apa yang masih efektif untuk mengatasi lima bakteri patogen utama.

 Baca Juga: Jangan Salah Minum Antibiotik, Ini Cara Pemakaian yang Benar Jika Tak Ingin Penyakit Infeksi Semakin Menjadi