Find Us On Social Media :

5 Makanan yang Baik Untuk Penyintas Kanker Payudara, Mulai Dari Makanan yang Sehat

Pola makan sehat yang dianjurkan bagi penyintas kanker payudara.

GridHEALTH.id - Mereka yang menjadi penyintas kanker payudara atau sedang menjalani perawatan kanker yang dideritanya, wajib memperhatikan asupan makanannya agar penyakitnya tak timbul lagi atau bertambah parah.

Ahli diet Anna Taylor, RD dari American Cancer Society memberikan panduan makanan sehat bagi penyintas kanker payudara dan mereka yang menjalani perawatan kanker;

1. Tetap terhidrasi

Minum 10 hingga 12 gelas air putih untuk menjaga tubuh terhidrasi. Tetap terhidrasi selalu penting, terutama saat menjalani perawatan kanker.

Beberapa efek samping umum dari pengobatan kanker dapat mencakup muntah, diare, penurunan nafsu makan atau demam, yang semuanya dapat menyebabkan dehidrasi."Tetap terhidrasi akan membantu Anda mengatur suhu tubuh, tekanan darah dan keseimbangan elektrolit, membantu mencegah atau meminimalkan sembelit dan memungkinkan organ Anda menyaring limbah dan racun," kata Taylor.

“Kebutuhan cairan Anda lebih tinggi saat menjalani perawatan kanker, jadi minumlah cairan sepanjang hari, kebanyakan air.”

2. Cukupi kalori

Cara terbaik untuk mengetahui apakah kita mengonsumsi cukup kalori untuk energi adalah dengan menimbang diri sekali atau dua kali seminggu.Jika berat badan cenderung turun dari minggu ke minggu, bicarakan dengan ahli gizi untuk membuat rencana.Ingatlah untuk makan secara teratur sepanjang hari. Makanan kecil lima sampai enam kali sehari biasanya bekerja dengan baik.Makanan kecil cenderung tidak memicu mual, muntah atau diare - dan mereka memaksimalkan penyerapan nutrisi.

Baca Juga: Ketahui Jerawat Tanda Awal Kanker Payudara, Berikut Ciri Khasnya

Baca Juga: Kenali Jenis Komplikasi Penyakit Ginjal Kronis, Tak Boleh Diabaikan!

"Tubuh Anda hanya bisa menyerap begitu banyak pada satu waktu," kata Taylor. “Menyebarkan makanan dengan porsi kecil dan sering membantu tubuh Anda mendapatkan hasil maksimal dari setiap makanan.

Selain itu, jika seseorang memiliki nafsu makan yang buruk, sepiring besar makanan bisa mematikan total. Makanan kecil atau camilan cenderung lebih menarik, mendorong asupan yang lebih baik.”