Find Us On Social Media :

Ketahui Jerawat Tanda Awal Kanker Payudara, Berikut Ciri Khasnya

Bintik merah mirip jerawat di payudara tidak selalu berarti kanker payudara. Periksa ke dokter jika ragu.

GridHEALTH.id - Jika kita memiliki bintik merah di payudara yang  tampak seperti jerawat atau gigitan serangga, iitu bisa menjadi tanda kanker payudra. Tetapi bintik juga bisa disebabkan oleh infeksi, reaksi alergi, atau iritasi kulit lainnya.Sebagian besar jenis kanker payudara tidak menyebabkan bintik merah pada payudara. Ada beberapa jenis yang bisa, tetapi jarang.Mari kita lihat kanker payudara yang tidak biasa ini dan kondisi lain yang dapat menyebabkan bintik-bintik merah pada payudara, serta tanda-tanda bahwa kita harus segera menemui dokter.

Bisakah bintik merah menjadi tanda kanker payudara?Tanda ini tidak umum, tetapi bintik merah di payudara terkadang bisa menjadi tanda kanker payudara.Kanker payudara inflamasi (IBC/inflammatory breast cancer) jarang terjadi, sekitar 2 hingga 4% dari kasus kanker payudara.Bintik merah kecil yang terlihat sangat mirip dengan gigitan serangga atau ruam bisa menjadi tanda awal IBC. Jenis kanker payudara ini agresif. Biasanya melibatkan kelenjar getah bening pada saat diagnosis.Jenis kanker payudara langka lainnya disebut penyakit Paget pada payudara. Itu membuat sekitar 1 hingga 4,3% dari semua kanker payudara. Dalam beberapa kasus, dapat menyebabkan lesi merah pada puting atau areola, yang dapat terlihat seperti gigitan serangga atau eksim.

Gejala lain dari kanker payudara inflamasi/IBCKetika kita memikirkan tanda-tanda kanker payudara, kita mungkin berpikir tentang ditemukannya benjolan.

IBC berbeda dari kebanyakan jenis kanker payudara karena biasanya tidak melibatkan tumor yang dapat kita rasakan, setidaknya pada tahap awal.Kita mungkin tidak memiliki gejala sama sekali sampai pembuluh getah bening terlibat. Tanda dan gejala IBC meliputi:

Baca Juga: Benarkah Menggunakan Bra Kawat Bisa Menyebabkan Kanker Payudara? Seorang Ahli Mematahkan Mitos Ini

Baca Juga: Pioglitazone, Obat Diabetes yang Digadang-gadang Dapat Melindungi dari Stroke

- Nyeri payudara

- Gatal dan kemerahan

- Pembengkakan

- Kulit yang terasa hangat saat disentuh

- Kulit berbintik-bintik atau berlesung yang menyerupai kulit jeruk

- Kulit yang terlihat seperti ruam, gatal-gatal, atau memar