Find Us On Social Media :

Gejala Kolesterol Tinggi di Kuku Kaki, Waspada Bila Terlihat Seperti Ini!

Kuku kaki yang rapuh salah satu tanda kadar kolesterol naik.

GridHEALTH.id – Mengetahui kondisi kesehatan ternyata dapat dilakukan dengan memerhatikan kondisi kuku.

Misalnya saja terkait kadar kolesterol tinggi dalam darah, yang dikatakan tidak menimbulkan gejala apapun apabila terjadi lonjakan.

Akan tetapi, hal tersebut sebenarnya bisa diketahui melalui perubahan yang terjadi pada kondisi kuku kaki.

Gejala kolesterol di kuku kaki

Kolesterol tinggi seringkali tidak terdeteksi sampai salah satu bagian tubuh terpengaruhi dan ini membuatnya sulit dikembalikan ke kondisi normal.

Menurut konsultan ahli jantung di Harley Street Clinic Inggris, Dr Sami Firoozi, kuku kaki yang rapuh atau tumbuh lambat bisa jadi gejala kolesterol.

Pasalnya, kedua kondisi tersebut merujuk kepada tingginya kadar kolesterol dalam darah, sehingga mengakibatkan terjadinya penyakit perifer udara (PAD).

Itu merupakan kondisi yang mengacu pada permasalahan yang terjadi pada pembuluh darah dan mengakibatkan berkurangnya aliran ke otot-otot di kaki.

“Meskipun PAD tidak segera mengancam jiwa, proses aterosklerosis yang menyebabkannya terkadang dapat menyebabkan masalah serius dan fatal,” kata dokter Sami, dikutip dari Manchester Evening News (28/1/2022).

“Misalnya iskemia ekstremitas kritis yang terjadi jika aliran darah ke kaki menjadi sangat terbatas,” sambungnya.

Selain dari kuku kaki, gejala kolesterol tinggi menurutnya juga bisa diketahui melalui permasalahan pada kaki yang lainnya.

Baca Juga: 8 Jenis Obat-obatan Pemicu Kolesterol Tinggi, Wajib Diwaspadai