Find Us On Social Media :

Disebabkan Infeksi Virus? IDAI; 152 Anak Alami Gangguan Ginjal Akut Misterius

Gangguan ginjal akut misterius pada anak masih dicari penyebabnya.

GridHEALTH.id - Gangguan ginjal akut misterius yang dialami oleh anak-anak, menjadi masalah kesehatan yang harus diperhatikan oleh para orangtua.

Kasus kejadian penyakit ini pertama kali ditemukan pada Januari 2022 dan kemudian mengalami lonjakan pada September.

Berdasarkan laporan yang diterima Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) kasus gangguan ginjal akut misterius dari 26 September-14 Oktober, berjumlah 152 kasus.

Laporan tersebut berasal dari 16 cabang IDAI di yang ada di beberapa provinsi di Indonesia. Paling banyak ditemukan di DKI Jakarta.

"Sejak pertengahan September 2022, IDAI telah berkoordinasi dalam rapat mingguan dengan ketua IDAI cabang dan mendapatkan laporan dari anggota, terjadi peningkatan anak dengan gangguan ginjal akut yang progresif," kata Ketua Umum Pengurus Pusat IDAI, dr Piprim Basarah Yanuarso, SpA(K) dalam konfrensi pers daring, Jumat (14/10/2022).

Usia rata-rata anak yang mengalami gangguan ginjal ini berkisar di antara 1-5 tahun, sebanyak 75 kasus.

Tapi, ditemukan juga pada usia 0-1 tahun (35 kasus), 5-10 tahun (24 kasus), dan di atas 10 tahun (18 kasus).

Berkaitan dengan infeksi virus?

Dinas Kesehatan DKI Jakarta melalui akun Instagramnya, menyebutkan beberapa penyakit infeksi yang diduga berkaitan dengan gangguan ginjal pada anak ini.

"Penyebab gangguan ginjal akut misterius ini beberapa yang sudah teridentifikasi adalah infeksi leptospirosis, influenzae, parainfluenzae, MISC/long Covid-19, virus CMV, virus HSV, bocavirus, legionella, shingella, e.coli, dan sebagainya," tulis Dinkes DKI Jakarta, Jumat (14/10/2022).

Menanggapi hal tersebut, dokter Piprim mengatakan bahwa memang ada beberapa teori yang berkaitan dengan kondisi ini. Tapi, penyebab utamanya belum diketahui.

"Tadinya kita duga terkait dengan Covid-19, berupa MIS-C. Tapi, setelah ditatalaksana dengan MIS-C juga ternyata hasilnya berbeda dengan MIS-C yang sebelum-sebelumnya," jelasnya.