Find Us On Social Media :

Ketahui Pantangan Untuk Penyandang Kanker Payudara, Termasuk Makanan dan Minuman

Mengonsumsi daging olahan, salah satu pantangan bagi penyandang kanker payudara.

GridHEALTH.id – Penyandang kanker payudara, seperti pasien kanker lainnya, harus menghilangkan dari daftar makanan/minumannya yang berisiko terhadap peningkatan risiko kanker dan menunjukkan bagaimana kanker dapat berkembang sebagai hasilnya.

 Badan Internasional untuk Penelitian Kanker (IARC/ International Agency for Research on Cancer) dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengklasifikasikan karsinogen dengan menentukan seberapa besar kemungkinan mereka menyebabkan kanker, dengan skala dibagi menjadi lima kelompok: diketahui, kemungkinan, mungkin, tidak dapat diklasifikasikan dan mungkin tidak karsinogenik.

Berikut adalah makanan dan minuman yang IARC anggap karsinogenik bagi manusia meliputi:

Alkohol

Penelitian telah menemukan bahwa semakin banyak alkohol yang minum, semakin tinggi risiko untuk mengembangkan jenis kanker tertentu, seperti kanker kepala dan leher, kanker kerongkongan, kanker hati, kanker payudara dan kanker kolorektal.

Daging olahan

 Contohnya termasuk bacon, sosis, hot dog, pepperoni, prosciutto, dendeng dan salami, daging yang sering diawetkan dengan pengawetan, pengasinan atau pengasapan, atau dengan pengawet kimia.

 Penelitian telah menemukan bahwa makan 50 gram daging olahan,setara dengan empat potong bacon atau satu hot dog,setiap hari meningkatkan risiko kanker kolorektal sebesar 18%

Makanan dan minuman yang IARC diklasifikasikan sebagai mungkin karsinogenik bagi manusia meliputi:

Daging hangus atau dimasak pada suhu tinggi

Daging yang dimasak pada suhu tinggi membentuk bahan kimia yang dapat menyebabkan perubahan DNA Anda, yang dapat menyebabkan kanker.

Makan banyak daging matang, goreng atau panggang telah dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker kolorektal, pankreas dan prostat.