Find Us On Social Media :

Perlu Waspada, Kenali Gejala Hipertensi yang Mirip dengan Menopause

Gejala hipertensi yang mirip menopause di antaranya keringat mengucur dan rasa panas (hot flush).

GridHEALTH.id -Ahli jantung, ginekolog, dan ahli endokrin merekomendasikan cara membantu wanita paruh baya mencegah masalah jantung di kemudian hari dalam dokumen konsensus European Society of Cardiology (ESC) yang diterbitkan hari ini di European Heart Journal, jurnal ESC.1 pada Februari 2022.

”Dokter harus mengintensifkan deteksi hipertensi pada wanita paruh baya. Hingga 50% wanita mengalami tekanan darah tinggi sebelum usia 60 tahun tetapi gejalanya, misalnya muka memerah dan jantung berdebar , sering dikaitkan dengan menopause," kata dokumen tersebut

"Tekanan darah tinggi disebut hipertensi pada pria tetapi pada wanita sering keliru dicap sebagai 'stres' atau 'gejala menopause'," kata penulis pertama Profesor Angela Maas, direktur Program Kesehatan Jantung Wanita, Pusat Medis Universitas Radboud, Nijmegen, Belanda.

“Kita tahu bahwa tekanan darah pada wanita  kurang mendapat perhatian dibandingkan dengan pria. Menempatkan wanita pada risiko fibrilasi atrium, gagal jantung dan stroke, yang sebenarnya bisa dihindari.”

“Kehidupan seorang wanita memberikan petunjuk bahwa kita perlu memulai sejak dini dengan pencegahan,” kata Profesor Maas.

“Kami harus menilai pasien wanita secara berbeda dengan pria, dan tidak hanya menanyakan tentang kolesterol tinggi. Ini akan memungkinkan kami untuk mengklasifikasikan wanita paruh baya sebagai berisiko tinggi atau berisiko lebih rendah untuk penyakit kardiovaskular.”

Pre-eklampsia dikaitkan dengan peningkatan empat kali lipat gagal jantung dan hipertensi dan risiko stroke dua kali lipat.

Wanita yang mengalami menopause dini alami (yaitu bukan pembedahan) sebelum usia 40 tahun juga lebih mungkin mengembangkan penyakit kardiovaskular,setiap tahun dikaitkan dengan peningkatan risiko sebesar 3%.

Kondisi peradangan autoimun seperti rheumatoid arthritis dan lupus lebih sering terjadi pada wanita dibandingkan pria dan meningkatkan risiko kardiovaskular sekitar menopause.

"Ada beberapa fase kehidupan ketika kita dapat mengidentifikasi subkelompok wanita berisiko tinggi," kata Profesor Maas.

“Tekanan darah tinggi selama kehamilan adalah tanda peringatan bahwa hipertensi dapat berkembang ketika seorang wanita memasuki menopause dan ini terkait dengan demensia beberapa dekade kemudian. Jika tekanan darah tidak ditangani ketika wanita berusia 40-an atau 50-an, mereka akan mengalami masalah di usia 70-an ketika hipertensi lebih sulit diobati.”

Dokumen tersebut memberikan panduan tentang cara mengelola kesehatan jantung selama menopause, setelah komplikasi kehamilan, dan selama kondisi lain seperti kanker payudara dan sindrom ovarium polikistik (PCOS).