Find Us On Social Media :

5 Bahan Alami Penurun Kolesterol, Mudah Ditemukan di Dapur Rumah

Biji ketumbar yang dijadikan infused water merupakan bahan alami penurun kolesterol yang bisa dicoba.

GridHEALTH.id - Menurunkan kolesterol sebenarnya dapat dilakukan dengan mudah, menggunakan bahan-bahan alami yang dengan mudah ditemukan di rumah.

Penggunaan bahan alami penurun kolesterol ini, akan membantu tubuh tetap sehat dan terhindar dari penyakit-penyakit serius yang mengancam jiwa.

Kolesterol tinggi sebagian besar terjadi karena gaya hidup yang buruk, seperti mengonsumsi makanan tinggi lemak dan malas untuk berolahraga.

Bahan alami untuk mengontrol kadar kolesterol

Tak perlu pusing-pusing untuk mengatasi masalah ini, beberapa bahan alami berikut dapat digunakan untuk menurunkan kolesterol yang tinggi.

1. Bawang putih

Dilansir dari WebMD, jenis bawang ini termasuk bahan alami penurun kolesterol. Tapi, tidak disarankan untuk mengonsumsinya terlalu banyak karena berisiko mengakibatkan pembekuan darah.

Dalam masalah kesehatan ini, bawang putih berperan untuk memperlambat aterosklerosis yang mengakibatkan kolesterol tinggi.

Bawang putih dapat dikonsumsi secara langsung atau dalam bentuk suplemen yang dijual secara bebas di pasaran.

2. Berasa ragi merah

Baca Juga: 5 Makanan Ampuh Menurunkan Kolesterol, Salah Satunya Ada Alpukat

Melansir Healthline, bahan alami penurun kolesterol selanjutnya adalah beras ragi merah yang memang sudah banyak digunakan dalam pengobatan tradisional Tiongkok.