Find Us On Social Media :

BPOM Rilis Produk Kecantikan yang Berbahaya, Kosmetik Miliki Gisella Anastasia Jadi Salah Satunya dan Sudah Dilakukan Penarikan

Produk kecantikan milik Gisella Anastasia ternyata berbahaya

GridHEALTH.id - Bahan berbahaya inilah yang ternyata digunakan dalam kosmetik milik Gisella Anastasia.

Nama mantan istri Gading Marten kembali menjadi sorotan masyarakat.

Bukan tanpa alasan, hal itu lantaran produk kecantikan milik Gisel yakni Madam Gie menjadi salah satu kosmetik yang mengandung bahan berbahaya.

Berdasarkan hasil sampling dan pengujian selama Oktober 2021 hingga Agustus 2022, yang dilakukan BPOM RI, ditemukan sebanyak 16 item kosmetika mengandung bahan dilarang atau berbahaya.

Disadur dari laman resmi BPOM, temuan kandungan berbahaya pada kosmetika didominasi oleh bahan pewarna yang dilarang seperti Merah K3 dan Merah K10.

Pewarna Merah K3 dan Merah K10 menjadi bahan yang berisiko menyebabkan kanker atau bersifat karsinogenik.

“Total temuan kosmetika ilegal dan/atau mengandung bahan dilarang/berbahaya selama periode yang sama, yaitu sebanyak lebih dari 1 juta pieces dengan nilai keekonomian sebesar Rp34,4 miliar,” ujar Deputi Bidang Pengawasan Obat Tradisional, Suplemen Kesehatan, dan Kosmetika dikutip dari keterangan tertulis, Jumat (14/10/2022) melansir dari Kompas.com.

BPOM juga menindaklanjuti penemuan beberapa otoritas pengawas obat dan makanan negara lain.

Sebanyak 46 kosmetika ditarik dari peredaran karena mengandung bahan dilarang, cemaran mikroba, maupun kosmetika palsu.

“Semua produk yang dilaporkan melalui mekanisme laporan dari otoritas pengawas obat dan makanan negara lain tersebut merupakan produk yang tidak terdaftar di BPOM,” tegas Reri.

Produk kosmetika yang ditemukan telah dicabut izin edar untuk produk yang terdaftar di BPOM, penarikan dari peredaran, dan pemusnahan terhadap produk yang tak memiliki izin edar.

Baca Juga: Cek, Bisa Jadi Rutin Digunakan, Ini 16 Kosmetik dan 41 Obat Tradisional Berbahaya Penyebab Kanker