Find Us On Social Media :

Botol Plastik PET tak Terkecuali Galon Bahan Baku Utamanya Etilen Glikol, 0,03 Mikrogram Larut dalam Air

Etilen glikol bahan utama pembuatan botol plastik sekali pakai, tak terkecuali galon.

GridHEALTH.id - Pembicaraan tentang etlien glikol dan dietilen glikol selama sepekan terakhir belum juga reda.

Pasalnya, kedua zat tersebut dikaitkan dengan kasus gangguan ginjal akut progresif atipikal yang banyak dialami oleh anak balita.

Meskipun penyebab pastinya belum diketahui, tapi sejak melonjaknya kasus gangguan ginjal tersebut pada anak-anak Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melarang pemberian obat sirup.

Hal ini dilakukan sebagai langkah antisipasi, mengingat kasus serupa yang terjadi di Gambia, Afrika Barat, disebabkan oleh kandungan etilen glikol (EG) dan dietilen glikol (DEG) dalam obat sirup.

Terlebih, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, beberapa waktu lalu mengatakan bahwa dalam tubuh sejumlah anak yang mengalami penyakit ini, ditemukan kedua zat tersebut.

Temuan tersebut dilakukan melalui tes toksikologi yang dilakukan kepada anak-anak yang didiagnosis mengalami gangguan ginjal akut progesif atipikal.

"Yang kita tes nggak semuanya, tapi ada di RSCM. Dari 11, 7 anak positif memiliki sneyawa berbahaya tadi (etilen glikol dan dietilen glikol)," ujar Budi Gunadi, dalam konfrensi pers, Jumat (21/10/2022).

Ternyata ada di plastik PET

Etilen glikol nyatanya terdapat dalam salah satu bahan yang digunakan dalam pembuatan plastik berbahan Polietilen Tereftalat atau yang dikenal dengan PET.

Jenis plastik salah satunya dijadikan sebagai botol plastik air minum dalam kemasan (AMDK) yang sudah sering dikonsumsi masyarakat luas.

Ini disampaikan oleh Ir. Akhmad Zainal Abidin, M.Sc., Ph.D., selaku ahli polimer serta Kepala Laboratorium Teknologi Polimer dan Membran ITB.

Baca Juga: Dari 102 Obat Sirup yang Ditemukan di Rumah Pasien Gangguan Ginjal Akut, BPOM Nyatakan Ada Tiga yang Mengandung Cemaran