Find Us On Social Media :

Healthy Move, Peregangan 2 Menit Dapat Dilakukan di Tempat Duduk

Lakukan peregangan di tempat kerja agar otot-otot tidak kaku.

GridHEALTH.id - Baik saat work from home maupun kembali ke kantor, banyak dari kita menghabiskan waktu di depan komputer.

Dan tahukah, jam-jam yang panjang dan tidak bergerak di meja kita dapat mendatangkan malapetaka di leher, punggung, atau bahu kita? Postur yang buruk ini bisa menimbulkan rasa nyeri dan kekakuan.

“Duduk atau berdiri di satu tempat atau satu posisi selama seharian bekerja berarti kelompok otot yang sama aktif sepanjang hari setiap hari dan mengalami kelelahan,” kata Abby Halpin, DPT, seorang ahli terapi fisik dan pemilik Forte Performance and Physical Therapy di Los Angeles, Amerika Serikat.

Menghabiskan berminggu-minggu, berbulan-bulan, atau bertahun-tahun duduk dengan cara yang sama di meja yang sama dapat menyebabkan jaringan yang terlibat dalam mempertahankan posisi itu menjadi hipersensitif.

"Reseptor saraf mengingatkan otak Anda akan potensi bahaya jauh lebih cepat dan intens, yang menghasilkan peningkatan pengalaman rasa sakit atau respons penjagaan, menegangkan otot-otot di sekitar area untuk melindungi Anda," imbuh Halpin.

Bahkan jika kita tidak selalu merasakan sakit, Halpin mengatakan kekakuan juga bisa menjadi indikasi suatu masalah.

“Kekakuan disebabkan oleh otot dan persendian yang dibutuhkan untuk beroperasi pada panjang dan ketegangan yang sama sepanjang waktu, yang mengurangi rentang gerak di tempat yang efektif,” jelasnya.

Salah satu cara terbaik untuk menghilangkan nyeri dan kekakuan otot tersebut adalah dengan istirahat sejenak untuk beberapa latihan mobilitas.

Halpin menunjukkan bahwa ini tidak hanya secara langsung meredakan beberapa ketegangan pada otot dan persendian, tetapi juga tindakan mengubah postur yang telah kita tahan sepanjang hari memberi tubuh kesempatan untuk rileks.

“Baik peregangan dan pekerjaan mobilitas memungkinkan beban dipindahkan ke area tubuh yang berbeda,” katanya.

Berikut adalah lima gerakan mobilitas yang dapat kita lakukan di meja kerja;

1. Posisi cat and cow