Find Us On Social Media :

Bye Tekanan Darah Tinggi, Cegah Hipertensi dengan Makan Buah Kiwi

Cegah hipertensi dengan rutin makan buah kiwi.

GridHEALTH.id - Sebuah apel sehari tidak serta merta menjauhkan kita dari dokter, tetapi tiga buah kiwi mungkin bisa membantu, setidaknya menurut sebuah penelitian kecil yang menunjukkan bahwa buah berwarna cokelat dan berbulu halus dapat menurunkan berat badan. tingkat tekanan darah.

Pria dan wanita dengan tekanan darah agak tinggi yang makan tiga buah kiwi sehari selama delapan minggu memiliki tingkat tekanan darah sistolik yang 3,6 milimeter merkuri lebih rendah daripada relawan yang makan apel sehari. Tekanan darah sistolik adalah angka atas dalam pengukuran tekanan darah.Kiwi mungkin kecil, tetapi mereka mengemas banyak nutrisi dalam daging hijaunya. Mereka kaya akan lutein, antioksidan kuat, dan ini mungkin yang bertanggung jawab atas kekuatan penurun tekanan darah mereka, kata peneliti yang dipimpin oleh Mette Svendsen dari Oslo University Hospital di Norwegia. Studi ini akan dipresentasikan pada pertemuan tahunan American Heart Association di Orlando, Florida, Selasa.Ahli jantung dengan cepat memperingatkan bahwa tidak ada makanan atau bahan ajaib tunggal yang merupakan kunci kesehatan jantung, tetapi mereka semua sepakat bahwa kiwi mungkin memiliki tempat dalam lima porsi harian buah dan sayuran yang saat ini direkomendasikan sebagai bagian dari jantung. -diet sehat.Studi baru melibatkan 50 pria dan 68 wanita dengan usia rata-rata 55 tahun yang secara acak ditugaskan untuk makan tiga kiwi atau satu apel sehari selama delapan minggu.

Peserta memiliki tingkat tekanan darah dalam kisaran sedikit meningkat dari 128/85 ketika penelitian dimulai.

Baca Juga: Rekomendasi Minuman yang Aman Dikonsumsi Penyandang Hipertensi, Mudah Didapatkan

Baca Juga: Usir Nyeri Sendi Akibat Asam Urat dengan 5 Infused Water Ini

Pembacaan tekanan darah yang kurang dari 120/80 dianggap ideal. Mereka tidak mengubah apa pun dalam diet mereka selain menambahkan buah.

Para peneliti mengukur tekanan darah melalui pemantauan rawat jalan 24 jam, yang dianggap lebih tepat daripada mengukurnya selama satu titik waktu.

Jadi, apakah kiwi adalah buah "ajaib" yang baru? "Ada kemungkinan biologis, tetapi saya tidak akan pergi dan mengambil tiga kiwi sehari," kata Dr. Nehal Mehta, ahli jantung pencegahan di Rumah Sakit University of Pennsylvania di Philadelphia. "Mereka tidak mudah ditemukan atau salah satu buah yang mudah diambil orang."Moderasi adalah kuncinya dengan kiwi atau makanan apa pun, katanya. "Tiga kiwi sehari atau 21 kiwi seminggu sepertinya tidak moderat, dan saya akan berhati-hati agar tidak makan sebanyak itu," katanya.Studi baru mungkin hanya "menempatkan kiwi di peta," katanya. "Ketika kami mengatakan 'makan lebih banyak buah segar', kami tetap berpegang pada apa yang telah dicoba dan benar atau apa pun yang dipegang dan dikupas, tetapi temuan ini menunjukkan bahwa kiwi dapat menjadi bagian dari diet jantung sehat," katanya. (*)