Find Us On Social Media :

7 Langkah Menjaga Kesehatan Tulang, Rajin Berolahraga dan Konsumsi Makanan Sehat

Berikut ini 7 langkah menjaga kesehatan tulang yang bisa dimulai dari perubahan gaya hidup, mulai dari olahraga hingga asupan makanan.

GridHEALTH.id - Tulang sehat menjadi salah satu modal seseorang untuk bisa beraktivitas dengan baik dan nyaman.

Tulang adalah organ yang keras dan terdiri dari jaringan hidup dengan saraf pembuluh darah dan sumsung yang perlu dijaga kondisinya.

Menjaga kesehatan tulang menjadi penting karena akan membantu meningkatkan puncak masa tulang, sehingga semakin banyak cadangan tulang yang dimiliki akan sedikit risiko mengalami osteoporosis seiring bertambahnya usia.

Osteoporosis sebagai salah satu masalah kesehatan tulang bisa menjadi berbahaya karena tulang tidak dapat berfungsi dengan baik seperti melindungi organ dalam dan menopang tubuh.

Berikut ini berbagai langkah untuk menjaga kesehatan tulang.

7 Langkah Menjaga Kesehatan Tulang

Cobalah tujuh langkah menjaga kesehatan tulang berikut ini:

1. Deteksi Dini dan Lakukan Pemeriksaan - Pemeriksaan kesehatan tulang diperlukan, agar seseorang dapat mendeteksi sejak dini risiko terkena osteoporosis dan mengetahui secara pasti kebutuhan nutrisi per orang.

2. Menjaga Berat Badan Ideal - Berat badan yang terlalu kurus maupun obesitas akan sangat berpengaruh pada kepadatan tulang yang berfungsi menopang tubuh.

3. Berjemur di Bawah Sinar Matahari - Sinar matahari berperan untuk membentuk vitamin D, sehingga tulang baru dapat terbentuk, untuk anak atau orang dewasa di Indonesia disebutkan cukup dengan terpapar sinar matahari pada pagi dan sore selama 5-15 menit sebanyak tiga kali dalam seminggu.

Dengan paparan sinar matahari yang baik pada pagi sejak terbit sampai jam 09.00 dan jam 15.00 sampai matahari terbenam.

4. Asupan Makanan SehatAda berbagai macam makanan sehat yang perlu dipenuhi asupannya untuk menjaga kesehatan tulang, yaitu: