Find Us On Social Media :

Perawatan yang Dilakukan Setelah Keguguran Usia Kehamilan 6 Minggu

Obat, salah satu perawatan setelah keguguran yang bisa menjadi pilihan untuk ibu yang mengalami, kenali jenis perawatan lainnya.

GridHEALTH.id - Saat seorang wanita hamil, maka risiko keguguran pun akan tetap ada selama sembilan bulan kehamilan.

Meski demikian, tidak perlu terlalu khawatir, karena ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya keguguran.

Saat seorang wanita mengalaminya, jangan panik dan berikut ini beberapa perawatan setelah keguguran yang bisa menjadi pilihan dengan tetap konsultasikan pada dokter.

Keguguran Usia Kehamilan 6 Minggu

Kondisi ini bisa terjadi pada usia berapa pun saat periode kehamilan, termasuk pada usia kehamilan 6 minggu.

Dalam laman Pregnancybirthbaby.org.au, dijelaskan bahwa tidak ada yang dapat dilihat saat seorang wanita keguguran usia 6 minggu, berbeda dengan periode-periode selanjutnya.

Umumnya hanya keluar pendarahan dan kemungkinan adanya gumpalan dengan kantung kecil berisi cairan, embrio yang masih kecil, dan plasenta, hingga sesuatu yang terlihat seperti tali pusar.

Ada banyak penyebab yang bisa berisiko pada terjadinya keguguran saat kehamilan, seperti kondisi medis tertentu yang dimiliki ibu hamil, obat-obat tertentu yang dikonsumsi, hingga gaya hidup yang buruk.

Beberapa faktor risiko yang bisa mempengaruhi terjadinya kondisi ini di semua usia kandungan adalah usia saat wanita hamil, kebiasaan merokok, konsumsi alkohol dan kafein, hingga pengalaman keguguran sebelumnya.

Sebenarnya untuk mencegah keguguran bisa dimulai dengan menerapkan gaya hidup sehat dan rajin untuk berkonsultasi sekaligus melakukan pemeriksaan kandungan dengan dokter.

Hal yang perlu dilakukan oleh seorang wanita saat menghadapi kondisi sulit ini adalah jangan pernah menyalahkan penyebab keguguran karena diri sendiri, diperlukan juga lingkungan dari sekitar.

Baca Juga: Keguguran Tapi Tidak Kuret, Apakah Aman? Ini Kata Dokter Kandungan