Find Us On Social Media :

Konsumsi Pare Bisa Mencegah Kanker Payudara, Simak Cara Mengolahnya!

Khasiat pare, dinilai dapat menghambat pertumbuhan sel kanker payudara.

GridHEALTH.id - Pare (Momordica charantia) dan ekstrak pare, memberikan efek yang signifikan terhadap pertumbuhan sel kanker payudara dan pada akhirnya dapat menjadi agen kemopreventif terhadap bentuk kanker ini, menurut hasil penelitian baru-baru ini."Temuan kami menunjukkan bahwa ekstrak pare memodulasi beberapa jalur transduksi sinyal, yang menginduksi kematian sel kanker payudara," kata ketua peneliti Ratna B. Ray, Ph.D., profesor di Departemen Patologi di Universitas Saint Louis. "Ekstrak ini dapat dimanfaatkan sebagai suplemen makanan untuk pencegahan kanker payudara."Hasil penelitian ini dipublikasikan dalam Cancer Research, sebuah jurnal dari American Association for Cancer Research.Penelitian sebelumnya telah menunjukkan pare memiliki efek hipoglikemik dan hipolipidemik, menurut Ray.

Karena efek ini, ekstrak ini biasa digunakan dalam obat-obatan tradisional sebagai obat diabetes di tempat-tempat seperti India, Asia Tenggara, Cina dan Amerika Tengah, menurut para peneliti.Menggunakan sel kanker payudara manusia dan sel epitel payudara primer manusia in vitro, Ray dan rekan menemukan mekanisme ekstrak pare secara signifikan menurunkan proliferasi, yaitu pertumbuhan dan pembelahan sel, dan menyebabkan kematian pada sel kanker payudara. Hasil awal ini menawarkan jalan yang menggembirakan untuk penelitian kanker payudara.“Kanker payudara adalah pembunuh utama di kalangan wanita di seluruh dunia, dan dalam perspektif itu, hasil dari penelitian ini cukup signifikan,” kata Rajesh Agarwal, Ph.D., profesor di Departemen Ilmu Farmasi di University of Colorado, Denver Sekolah Farmasi.

"Penelitian ini dapat memberi kita satu agen lagi sebagai ekstrak yang dapat digunakan melawan kanker payudara jika penelitian tambahan benar."Menurut Agarwal, editor asosiasi Cancer Research untuk penelitian ini, desain penelitian yang sederhana, hasil yang jelas dan pentingnya temuan ini secara keseluruhan dalam pencegahan kanker payudara membuat penelitian ini berbeda dari penelitian sebelumnya.Namun, dia menekankan bahwa penelitian ini hanya satu langkah menuju pembentukan kemanjuran pencegahan kanker pare terhadap kanker payudara.

Artinya, studi tambahan diperlukan untuk lebih memahami target molekuler ekstrak pare dalam sel kanker, serta untuk menetapkan kemanjurannya secara in vivo.

Agarwal memberikan catatan kehati-hatian, yang menyatakan bahwa sementara hasil ini memberikan harapan sebagai agen anti-kanker, penting untuk menetapkan validitas hasil ini pada model hewan sebelum menambahkannya ke makanan seseorang untuk menghambat pertumbuhan sel kanker payudara.

Baca Juga: Apa Arti Remisi Kanker Payudara dan Perbedaan dengan Sembuh dari Sakit?

Baca Juga: Menurunkan Kadar Hipertensi dengan Daun Basil, Begini Cara Pakainya

Ray dan rekan-rekannya saat ini sedang melakukan studi lanjutan menggunakan sejumlah garis sel kanker untuk menguji efek anti-proliferatif dari ekstrak tersebut.

Mereka juga merencanakan uji praklinis untuk mengevaluasi kemanjuran kemopreventifnya dengan pemberian oral.Ekstrak pare dibudidayakan di Asia, Afrika dan Amerika Selatan. Ekstrak sayuran ini sedang dipopulerkan sebagai suplemen makanan di Negara Barat, karena diketahui mengandung glikosida tambahan seperti mormordin, vitamin C, karotenoid, flavanoid dan polifenol. (*)