Find Us On Social Media :

Apa Arti Remisi Kanker Payudara dan Perbedaan dengan Sembuh dari Sakit?

Penting untuk mendengarkan dokter istilah proses pada pengobatan kanker payudara.

GridHEALTH.id - Bagi Bagi seorang pasien kanker, salah satu kata yang paling ditunggu kehadirannya adalah  “remisi”.

Bagi mereka yang cukup beruntung untuk mendengarnya, itu tidak hanya memberikan dosis kabar baik yang sangat diharapkan, tetapi juga rasa lega yang mendalam.Tapi apa sebenarnya arti istilah "remisi"? Dan bagaimana perbedaannya dengan  “tidak ada bukti penyakit”, atau bahkan “bebas kanker?”Ahli onkologi medis Phat Le, M.D., dari American Cancer Society/ACS memberikan penjelasannya..Apa perbedaan antara ' remisi', 'bebas kanker', dan 'tidak ada bukti penyakit'?Banyak orang menggunakan istilah-istilah itu secara sinonim, tetapi "remisi" dan "tidak ada bukti penyakit" (juga dikenal sebagai NEOD/no evidence of disease atau NED) mungkin yang paling dekat dengan definisi.

Secara resmi, keduanya berarti bahwa saat ini tidak ada kanker yang terdeteksi di dalam tubuh. Itu mungkin didasarkan pada pemindaian, pemeriksaan darah atau beberapa jenis tes lainnya, seperti biopsi payudara atau biopsi sumsum tulang."Bebas kanker" sedikit lebih rumit, karena tidak didasarkan pada sesuatu yang dapat kita ukur. Sebaliknya, ini menyiratkan bahwa tidak hanya tidak ada yang terdeteksi di tubuh sebagai kanker, tetapi ahli medii juga percaya tidak ada sisa kanker yang tersisa di mana pun, jadi tidak ada kemungkinan kanker kembali lagi.

Dan itu jauh lebih sulit untuk dikatakan, karena selalu ada setidaknya sedikit risiko kekambuhan, jika  pernah menderita kanker sebelumnya.Jadi, bagaimana dokter menentukan istilah yang digunakan untuk pasien tertentu?Itu benar-benar berdasarkan dokter dan apa yang mereka rasa nyaman. Secara pribadi, kebanyakan dokter di ACS a cenderung menggunakan "remisi" dan "tidak ada bukti penyakit".Apakah jenis kanker mempengaruhi istilah yang digunakan?

Baca Juga: Jenis Stadium dan Tingkatan Kanker Payudara, Apa Perbedaanya?

Baca Juga: Kenali Aneka Jenis Obat Hipertensi dan Aturan Dosis yang Tepat

Tidak. Tapi itu akan menentukan jenis tes pengawasan yang dipilih dokter. Dengan tumor padat seperti kanker paru-paru, misalnya, dokter mungkin memesan CT scan.

Tetapi dengan kanker prostat dan kanker ovarium, dokter mungkin menggunakan tes darah untuk mencari penanda tumor atau protein tertentu.

Dokter juga mencari bukti sel yang sakit dalam sampel darah atau sumsum tulang dengan leukemia, limfoma, dan kanker darah lainnya.Apakah lama waktu seorang penyandang kanker yang sembuh tanpa kambuh mempengaruhi istilah yang digunakan dokter?Tidak terlalu. Tidak ada istilah khusus yang digunakan untuk waktu 5, 10 atau beberapa tahun tanpa pengulangan.Namun terkadang, dokter akan menyatakan pasien "bebas kanker" setelah beberapa waktu berlalu tanpa kambuh.

Baca Juga: Penyakit Ginjal Juga Bisa Terjadi Pada Pada Anak, Benarkah Karena Kurang Minum?

Baca Juga: Waspada Hipertensi Picu Stroke, Jalani 6 Langkah Pencegahan Berikut Ini!

Biasanya bertepatan dengan transisi dari pengawasan aktif menjadi bertahan, ketika pasien mulai membutuhkan pemeriksaan yang lebih sedikit atau lebih jarang.