Find Us On Social Media :

Ini Dia, 5 Rekomendasi Salep Terbaik Untuk Kaki Kapalan

Gunakan salep atau krim untuk menghapus kapalan di kaki.

GridHEALTH.id - Kapalan terjadi akibat adanya gesekan, tekanan, atau iritasi berulang pada salah satu bagian kulit.

Biasanya, kapalan sering muncul pada bagian kulit yang menonjol, misalnya pada area tangan dan kaki. Beberapa kebiasaan yang menjadi penyebab kapalan, antara lain: Memakai sepatu yang terlalu sempit atau terlalu longgar.

Penebalan kulit adalah reaksi protektif. Misalnya, petani dan pendayung mendapatkan kapalan di tangan mereka yang mencegah terbentuknya lepuh.

Orang dengan bunion sering mengembangkan kalus di atas bunion karena bergesekan dengan sepatu.

Kapalan dan kulit kering umumnya tidak berbahaya. Kalau tidak diobati, kaki yang kapalan terkadang terasa nyeri. Secara estetika, tampakan tumit yang retak juga bisa mengganggu.

Terutama bila telah timbul luka akibat sangat kering maka dapat menyebabkan infeksi bakteri, dan ini berbahaya terutama bagi para penyandang diabetes, dimana luka yang sulit sembuh akibat penyakitnya dapat berakibat fatal.

Jika sudah terjadi kapalan, ada obat kaki kapalan yang dapat diperoleh di apotek, seperti dikutip dari situs farmaku.com:

1. Tumitku

Salpe krim masker mengatasi telapak tumit kaki pecah-pecah, kapalan, kering, dan terkelupas. Dilengkapi dengan kerikan, dan sudah terdaftar pada BPOM. Isi 30 ml. Harga Rp. 24.000,-

2. Salep 2-4

Obat ini mengandung bahan acidum salycylicum 2% dan sulfur praecipitate 4%. Kandungan tersebut dapat mengatasi masalah kulit seperti kapalan, psoriasis, mata ikan, dan kutil.Penggunaan salep ini cukup dioleskan pada bagian kulit yang kapalan sebanyak 2 kali sehari. Oleskan secara tipis dan merata pada kulit kapalan. Isi 150mgl. Harga Rp. 15.000.,

Baca Juga: Ini Dia Pilihan Terbaik Obat Kaki Kapalan yang Aman Digunakan