Find Us On Social Media :

Jenis Makanan untuk Pemulihan Penyakit Ginjal yang Aman Dikonsumsi

Apel, buah yang bisa diandalkan makanan pemulihan penyakit ginjal.

GridHEALTH.id - Jika memiliki penyakit ginjal kronis (CKD/chronic kidney disease), penting untuk memperhatikan apa yang kita makan dan minum.

Itu karena ginjal tidak dapat mengeluarkan produk limbah dan cairan dari tubuh sebagaimana mestinya. Diet ramah ginjal dapat membantu kita tetap sehat lebih lama.

Apa itu Diet Ramah Ginjal?Fungsi utama ginjal adalah membuang limbah dan cairan ekstra dari tubuh melalui urin. Mereka juga:

- Menyeimbangkan mineral tubuh, seperti garam dan potasium

- Menyeimbangkan cairan tubuh

- Membuat hormon yang mempengaruhi cara kerja organ lainDiet ramah ginjal adalah cara makan yang membantu melindungi ginjal kita dari kerusakan lebih lanjut.

Kita harus membatasi beberapa makanan dan cairan sehingga cairan dan mineral lain seperti elektrolit tidak menumpuk di tubuh.

Pada saat yang sama, kita  harus memastikan bahwa kita mendapatkan keseimbangan protein, kalori, vitamin, dan mineral yang tepat.1. Kurangi natrium

Ginjal yang sehat menjaga kadar natrium tetap terkendali. Tetapi jika menderita CKD, natrium dan cairan ekstra menumpuk di tubuh.

Baca Juga: 5 Bahan Alami yang Berkhasiat Untuk Pengobatan Penyakit Ginjal

Baca Juga: Cegah Kanker Payudara dengan Obat Alami Bawang Putih, Ketahui Manfaatnya

Hal ini dapat menyebabkan sejumlah masalah, seperti pergelangan kaki bengkak, tekanan darah tinggi, sesak napas, dan penumpukan cairan di sekitar jantung dan paru-paru. Kita harus menargetkan kurang dari 2 gram natrium dalam diet harian