Find Us On Social Media :

Pencegahan Sejak Dini Hipertensi yang Bisa Dilakukan, Mulai Dari Sekarang!

Rutin olahraga, salah satu cara untuk mencegah hipertensi sejak dini.

GridHEALTH.id - Tekanan darah adalah kekuatan darah kita saat mendorong dinding arteri. Setiap kali jantung kita berdetak, ia memompa darah ke arteri.

Tekanan darah tertinggi saat jantung  berdetak, memompa darah. Ini disebut tekanan sistolik. Saat jantung  beristirahat, di antara detak, tekanan darah  turun. Ini disebut tekanan diastolik.Pembacaan tekanan darah menggunakan dua angka ini. Biasanya angka sistolik muncul sebelum atau di atas angka diastolik. Misalnya, 120/80 berarti sistolik 120 dan diastolik 80.

Bagaimana tekanan darah tinggi didiagnosis?Tekanan darah tinggi biasanya tidak menunjukkan gejala. Jadi satu-satunya cara untuk mengetahui apakah kita memilikinya adalah dengan melakukan pemeriksaan tekanan darah secara teratur ke dokter.

Dokter akan menggunakan pengukur, stetoskop atau sensor elektronik, dan manset tekanan darah. Dia akan mengambil dua atau lebih pembacaan pada waktu terpisah sebelum membuat diagnosis.

- Tekanan darah normal yaitu 120/80

- Tekanan darah tinggi (tidak ada faktor risiko jantung lainnya) 140 atau lebih tinggi atau 90 atau lebih tinggi

- Tekanan darah tinggi (dengan faktor risiko jantung lainnya) 130 atau lebih tinggi atau 80 atau lebih tinggi

- Tekanan darah tinggi yang berbahaya, segera cari perawatan medis 180 atau lebih tinggi dan 120 atau lebih tinggiUntuk anak-anak dan remaja, penyedia layanan kesehatan membandingkan pembacaan tekanan darah dengan apa yang normal untuk anak-anak lain yang memiliki usia, tinggi, dan jenis kelamin yang sama.Orang dengan diabetes atau penyakit ginjal kronis harus menjaga tekanan darah mereka di bawah 130/80.

Baca Juga: Mencegah Hipertensi dengan Buah Sawo, Obat Alami yang Berkhasiat

Baca Juga: Jepang Beri Donasi 200 Obat Untuk Atasi Gagal Ginjal Akut Pada Anak

Bagaimana saya bisa mencegah tekanan darah tinggi sejak dini?Kita dapat melakukan pencegahan sejak dini hipertensi yang bisa dilakukan untuk membantu mencegah tekanan darah tinggi dengan memiliki gaya hidup sehat. Ini berarti:

1. Makan makanan yang sehat. Untuk membantu mengelola tekanan darah, kita harus membatasi jumlah natrium (garam) yang kita makan dan meningkatkan jumlah kalium dalam makanan.