Find Us On Social Media :

Bengkak dan Biduran di Bibir, Apa Penyebab Utamanya? Simak Disini

Biduran di bibir, bisa karena ada hal alergi atau hal lain yang lebih serius.

GridHEALTH.idBiduran dapat terjadi di mana saja di tubuh, termasuk mulut dan bibir. Mereka muncul sebagai benjolan atau bekas yang mungkin gatal.

Biasanya, gatal-gatal yang hanya muncul di satu area adalah hasil dari kontak dengan zat yang mengiritasi, seperti sengatan lebah.Dalam kasus yang jarang terjadi, gatal-gatal di dalam atau di sekitar mulut bisa menjadi tanda awal anafilaksis, yang merupakan reaksi alergi yang parah dan mengancam jiwa. Hubungi nomor unit gawat darurat terdekat jika seseorang mengalami:

- Pembengkakan pada bibir, lidah, atau tenggorokan

- Sulit bernapas

-  Napas mengi

- Mual atau muntah

- Pusing atau merasa pingsan

- Penurunan kesadaranBisakah gatal-gatal muncul di dalam mulut? Ya. Gatal-gatal, atau urtikaria, dapat berkembang di sekitar atau di dalam mulut. Tetapi mungkin juga ini adalah angioedema.Angioedema adalah pembengkakan di bawah permukaan kulit. Sama halnya dengan gatal-gatal, itu juga dapat berkembang sebagai akibat dari paparan iritasi atau alergen, dan dapat terlihat serupa.Seorang dokter dapat mengetahui apakah pembengkakan di sekitar mulut adalah akibat dari gatal-gatal atau angioedema.

Baca Juga: Pilihan Obat Tradisional Tanpa Bahan Kimia Untuk Atasi Biduran

Baca Juga: Jenis Makanan untuk Pemulihan Penyakit Ginjal yang Aman Dikonsumsi

Apakah ini serius?Biduran biasanya tidak serius. Sebagian besar kasus ringan dan sembuh dengan sendirinya. Setiap sarang biasanya berlangsung kurang dari 24 jam, meskipun mereka mungkin datang dan pergi selama beberapa hari atau minggu.Kasus gatal-gatal akut bersifat jangka pendek, berlangsung 6 minggu atau kurang. Orang juga dapat mengembangkan gatal-gatal kronis yang bertahan lebih lama, tetapi ini kurang umum.

Baik gatal-gatal akut maupun kronis bukanlah kondisi serius, tetapi mereka tidak nyaman karena mengganggu.