Find Us On Social Media :

4 Vitamin Untuk Kesehatan Tulang Lansia Usia di Atas 50 Tahun

4 vitamin untuk kesehatan tulang yang perlu dipenuhi lansia demi mendapatkan tulang sehat dan kuat.

GridHEALTH.id – Tulang sebagai organ penopang tubuh dan tempat merekatnya otot, menjadi penting dan perlu diperhatikan kesehatannya sejak dini.

Dengan tulang yang sehat dan kuat, maka seseorang masih dapat beraktivitas dan bergerak dengan baik, tanpa khawatir adanya rasa nyeri atau risiko mengalami gangguan.

Menjaga kesehatan tulang adalah bagian penting dari setiap orang untuk diterapkan dan ditingkatkan sejak dini hingga dewasa, bahkan lansia, salah satu caranya adalah dengan memperhatikan asupan vitamin untuk kesehatan tulang.

Kesehatan Tulang Lansia Usia Diatas 50 Tahun

Tulang juga merupakan salah satu organ tubuh yang mengalami pertumbuhan, sehingga tulang juga memiliki siklus kehidupan, yang terus bertumbuh dan memadat hingga usia 30 tahun, selebihnya pengeroposan tulang secara perlahan akan terjadi.

Saat seseorang memasuki usia lanjut, maka kepadatan tulang sedikit demi sedikit akan berkurang, sebagaimana dengan cara kerja dari tulang, sehingga orang yang berusia di atas 50 tahun lebih berisiko mengalami patah tulang, yang dapat berlanjut pada osteoporosis.

Faktor risiko kepadatan tulang yang rendah, osteoporosis, dan patah tulang menjadi jenis faktor yang tidak dapat diubah dan dimodifikasi.

Kondisi inilah yang perlu dihindari, salah satunya dengan tetap memperhatikan asupan nutrisi seperti vitamin untuk kesehatan tulang lansia, sebelum terjadi dan semakin parah.

Vitamin Untuk Kesehatan Tulang Lansia

Disebutkan bahwa orang di atas usia 50 tahun lebih membutuhkan banyak vitamin dan mineral daripada orang dewasa muda.

Berikut ini beberapa vitamin untuk kesehatan tulang, khususnya lansia yang masuk dalam pola makan, yaitu:

Baca Juga: 7 Langkah Menjaga Kesehatan Tulang, Rajin Berolahraga dan Konsumsi Makanan Sehat