Find Us On Social Media :

Mengenal Antibiotik, dan Cara Penggunaan yang Tepat Agar Tidak Menimbulkan Efek Samping yang Serius

Mengenal antibiotik secara mendalam mencegah penggunaan yang tidak tepat.

GridHEALTH.id - Antibiotik adalah obat yang membantu menghentikan infeksi yang disebabkan oleh bakteri. Mereka melakukan ini dengan membunuh bakteri atau dengan mencegah mereka menggandakan diri atau bereproduksi.Kata antibiotik berarti “melawan kehidupan.” Obat apa pun yang membunuh kuman di tubuh kita secara teknis adalah antibiotik. Tetapi kebanyakan orang menggunakan istilah itu ketika mereka berbicara tentang obat yang dimaksudkan untuk membunuh bakteri.Sebelum para ilmuwan pertama kali menemukan antibiotik pada tahun 1920-an, banyak orang meninggal karena infeksi bakteri ringan, seperti radang tenggorokan.

Pembedahan juga lebih berisiko. Tetapi setelah antibiotik tersedia pada tahun 1940-an, harapan hidup meningkat, operasi menjadi lebih aman, dan orang-orang dapat bertahan dari infeksi yang dulunya mematikan.

Apa yang Bisa dan Tidak Bisa Dilakukan Antibiotik?Sebagian besar bakteri yang hidup di tubuh kita tidak berbahaya. Beberapa bahkan membantu. Namun, bakteri dapat menginfeksi hampir semua organ. Untungnya, antibiotik biasanya dapat membantu.Berikut adalah jenis infeksi yang dapat diobati dengan antibiotik:

- Beberapa infeksi telinga dan sinus

- Infeksi gigi

- Infeksi kulit

- Meningitis (pembengkakan otak dan sumsum tulang belakang)

- Radang tenggorokan

Baca Juga: Pemanasan Global Cairkan Gunung Es, Ilmuwan Temukan Bakteri Resisten Antibiotik di Antartika, Ancaman Bagi Kesehatan?

Baca Juga: Healthy Move, Melawan Mitos, Ternyata Olahraga Lompat Tali Aman Dilakukan Wanita Usia Menopause

- Infeksi kandung kemih dan ginjal

- Pneumonia bakteri