Find Us On Social Media :

Ruam Merah di Telapak Tangan Karena Biduran, Atasi dengan Bahan Alami Berikut!

Lulur yang terbuat dari oatmeal, salah satu bahan alami mengusir biduran.

GridHEALTH.id - Urtikaria, juga dikenal sebagai biduran, adalah kulit gatal-gatal, benjolan merah pucat atau plak (benjolan) pada kulit yang muncul tiba-tiba,  baik sebagai akibat reaksi tubuh yang merugikan terhadap alergen tertentu, atau karena alasan yang tidak diketahui.

Biduran biasanya menyebabkan gatal, tetapi juga bisa membakar atau menyengat. Mereka dapat muncul di mana saja di tubuh, termasuk wajah, bibir, lidah, tenggorokan, telapak tangan atau telinga.

Gangguan kulit ini bervariasi dalam ukuran (dari butiran seperti beras, hingga sebesar piring makan), dan dapat bergabung bersama untuk membentuk area yang lebih luas yang dikenal sebagai plak. Mereka bisa bertahan berjam-jam, atau hingga satu hari sebelum memudar.

Urtikaria adalah pecahnya benjolan merah pucat atau bekas pada kulit yang muncul tiba-tiba. Pembengkakan yang sering disertai biduran disebut angioedema.

Reaksi alergi, bahan kimia dalam makanan tertentu, sengatan serangga, sinar matahari, dan obat-obatan dapat menyebabkan biduran. Seringkali tidak mungkin untuk mengetahui dengan tepat mengapa biduran terbentuk.

Untuk mengatasi biduran di telapak tangan dan tempat lainnya, dapat diatasi dengan bahan alami berikut;

1. Gunakan lulur oatmeal

Sejumlah komponen anti-inflamasi dalam oatmeal menjadikannya scrub pelembab dan menenangkan yang luar biasa untuk kulit.

Mandilah setiap pagi dengan air hangat dan gosok dengan lembut bagian kulit yang terkena infeksi gatal-gatal dengan sabun batangan oatmeal atau gosok dengan soda kue, untuk menenangkan kulit yang meradang.

2. Oleskan gel lidah buayaGel lidah buaya mengandung cadangan senyawa antimikroba yang sangat berharga, selain sebagai agen penghidrasi alami.

Menerapkan lapisan gel lidah buaya yang banyak di malam hari sebelum tidur secara efektif menyembuhkan kemerahan dan iritasi yang dialami pada gatal-gatal.

Baca Juga: Bengkak dan Biduran di Bibir, Apa Penyebab Utamanya? Simak Disini