Find Us On Social Media :

Penjelasan Biduran Boleh Mandi Atau Tidak, Ini Dia Alasannya!

Boleh mandi, tapi jangan berendam selama biduran karena dapat memperparah gatal.

GridHEALTH.id - Penelitian dari American College of Allergy, Asthma & Immunology mengungkapkan, sekitar 20% populasi orang di dunia pernah mengalami gatal-gatal akibat biduran, setidaknya sekali dalam hidup mereka.

Gatal-gatal yang berlangsung lebih dari enam minggu dianggap kronis (persisten atau berulang). Bagi sebagian orang, gatal-gatal ini adalah akibat dari alergi, tetapi bagi orang lain tidak ada penyebab yang jelas.

Gatal-gatal kronis tanpa penyebab yang diketahui disebut urtikaria idiopatik kronis (gatal-gatal).Gatal yang terkait dengan biduran ini, berasal dari pelepasan bahan kimia alami yang disebut histamin oleh sistem kekebalan tubuh  dapat secara dramatis memengaruhi kualitas hidup.

Ini adalah salah satu temuan utama dari sebuah penelitian yang diterbitkan pada Agustus 2015 di The Journal of Annals of Allergy, Asthma & Immunology.

Namun, ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk meredakan gatal gatal-gatal kronis. Salah satuny adalah menghindari pemicu.

“Tes alergi biasanya merupakan langkah pertama ketika seseorang mengembangkan gatal-gatal,” kata Gary Goldenberg, MD, asisten profesor klinis dermatologi di Icahn School of Medicine di Mount Sinai di New York, Amerika Serikat.

"Bahkan jika tes darah Anda kembali negatif, artinya penyebab gatal-gatal tidak dapat ditemukan, itu tidak berarti tidak ada pemicu."

Membuat buku harian dapat membantu kita mengidentifikasi pemicu potensial kita. "Perhatikan apa yang memicu gatal-gatal dan gatal-gatal Anda," kata Dr. Goldenberg.

Mandi juga dapat menjadi pemicu munculnya biduran. Pada biduran kronis, mandi air panas atau berendam dapat memperburuk gatal-gatal.

“Panas dapat menyebabkan vasodilatasi, yang pada dasarnya memberi suplai darah lebih banyak dan peluang untuk menyebar,” kata Dr. Ogden.

Sebagai gantinya, mandi air biasa atau air dingin bisa meredakan gatal. Selalu gunakan sabun dan produk lain yang tidak beraroma dan dibuat untuk kulit sensitif.

Baca Juga: Begini Cara Menghilangkan Biduran Pada Anak Agar Tidak Kambuh Lagi