Find Us On Social Media :

Ciri-ciri Kanker Mulut Pada Perokok Aktif, Wajib Diwaspadai!

Kanker mulut akibat merokok menyebabkan luka yang sulit sembuh.

GridHEALTH.id - Merokok adalah sebuah kebiasaan yang buruk bagi kesehatan dan bisa memicu berbagai macam penyakit, termasuk kanker mulut.

Ini merupakan sebuah kondisi di mana tumor berkembang di permukaan lidah, mulut, bibir, bahkan hingga gusi.

Mengutip NHS Inform, tumor yang berkaitan dengan kanker mulut pun juga dapat muncul di kelenjar ludah, amandel, dan faring atau bagian tenggorokan. Tapi, ini cukup jarang terjadi.

Risiko kanker mulut

Kemungkinan untuk mengidap penyakit ini, bagi perokok aktif cukup besar, dibandingkan dengan orang yang sama sekali tidak pernah melakukannya.

Dilansir dari laman Canada.ca, risiko terkena penyakit kanker ini sekitar 5 hingga 10 kali lipat dan meningkat, bila sering mengonsumsi minuman beralkohol.

Kanker mulut akibat merokok dipengaruhi oleh beberapa senyawa kimia yang terkandung dalam rokok, tanpa sadar meningkatkan risiko kanker.

Senyawa kimia tersebut mengakibatkan perubahan genetik pada sel-sel yang ada di rongga mulut dan menyebabkan perkembangan kanker.

Merokok, terutama dilakukan dalam jumlah yang besar, meningkatkan risiko penyakit kanker ini dengan memaparkan mulut pada senyawa kimia yang bersifat karsinogenik.

Paparan terjadi saat menghirup asap atau melalui kontak langsung.

Bagaimana ciri-ciri kanker mulut akibat merokok?

Baca Juga: Wajib Tahu Beda Sariawan dan Kanker Mulut dari Gejala Awal yang Dirasakan