Find Us On Social Media :

Berikut Pengertian Mata Kering, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Berikut ini ulasan lengkap mengenai masalah mata kering, mulai dari penyebab, gejala, hingga cara mengatasinya.

 

GridHEALTH.id – Menjaga kesehatan mata adalah hal yang tidak boleh dilupakan.

Dengan mata yang sehat maka seseorang dapat beraktivitas dengan baik, sebaliknya masalah pada mata yang diabaikan dalam jangka waktu lama bisa mempengaruhi produktivitas seseorang.

Mengenali masalah mata, ada banyak bentuknya, salah satunya adalah mata kering.

Bagaimana kondisi ini dapat terjadi, apa penyebabnya, dan bagaimana cara mengatasinya? Berikut ini ulasannya.

Apa Itu Mata Kering?

Mata kering adalah kondisi yang umum terjadi ketika air mata tidak mampu memberikan pelumasan yang cukup untuk mata seseorang.

Ciri seseorang memiliki masalah mata kering adalah merasakan ketidaknyamanan, ada sensasi perih atau terbakar.

Beberapa gejala lainnya dari kondisi ini adalah adanya lender berserat di dalam atau di sekitar mata, kepekaan terhadap cahaya, mata merah, sensasi memiliki sesuatu di mata.

Selain itu ada pula kesulitan memakai lensa kontak, kesulitan mengemudi di malam hari, mata berair sebagai respons dari iritasi mata kering, penglihatan kabur, dan kelelahan mata, jika dibiarkan maka dapat menyebabkan peradangan dan kerusakan pada permukaan mata.

Penyebab Mata Kering

Ada banyak penyebab mata menjadi kering, yang pasti karena adanya sesuatu yang mengganggu lapisan air mata, yang terdiri dari minyak lemak, cairan berair, dan lendir, apabila rusak akan menyebabkan mata kering.

Bisa karena dalam situasi tertentu seperti saat berada di pesawat terbang, di ruangan ber-AC, saat mengendarai sepeda, setelah melihat layar komputer selama beberapa jam.