Find Us On Social Media :

Antibiotik yang Tepat untuk Mengatasi Bisul, Cara Mengobatinya di Rumah Sebelum Parah

Bisul yang sudah parah perlu penanganan dokter dan antibiotik, bahkan opersi.

GridHEALTH.id - Bisul, disebut juga furunkel, adalah penyakit yang umum dijumpai dan bisa menginfeksi siapa saja, kapan saja, dna bisa muncul di wajah, leher, ketiak, pundak dan pantat (bagian bawah).

Klinisnya bisul umumnya hanya kecil (sebesar uang koin 50 rupiah) dengan selubung kulit tipis.Penyebabnya infeksi pada akar rambut atau pori-pori keringat, dan kebanyakan kasus bukan maslaah serius. Tapi bisa menjadi sakit karena infeksi, biasanya staphylococcus aureus, yang menyebar – bila ini terjadi harus membawa anak Anda ke dokter.

Penyebaran infeksi ditandai dengan adanya demam, warna kemerahan yang makin melebar dan rasa sakit yang makin meningkat di sekeliling bisul.

Bahkan bisa juga menyebar ke bagian lain tubuh; sekelompok bisul yang berdekatan disebut carbuncle. Bisa juga menjadi abses.

Baca Juga: Mata Merah Berhari-hari Jangan Disepelekan, Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya

Mereka yang berisiko mengalami bisul adalah, penyintas diabetes, mengalami luka sobek, eksim, sistem daya tahan tubuh yang melemah (defisiensi imunitas), mengalami anemia atau defisiensi zat besi.

Mereka yang mengalami bisul jangan khawatir, umumnya bisul dapat dirawat di rumah, terutama yang segera ditemukan.

Untuk membantu bisul pecah dan keluar isinya, lakukan kompres hangat.

Hal yang bisa dilakukan, membuat kompres dengan cara membasahi kain dengan air hangat (bukan panas) dan menempelkannya di atas bisul selama beberapa menit.

Lakukan hal ini beberapa kali dalam sehari.

Baca Juga: Mata Merah Berhari-hari Jangan Disepelekan, Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya

Selalu cuci tangan sebelum dan sesudah menyentuh bisul. Penting jagalah kebersihan untuk menghentikan penyebaran bisul.