Find Us On Social Media :

Tips Menjaga Kesehatan Tulang Agar Terbebas dari Penyakit

Tips menjaga kesehatan tulang, begini caranya!

GridHEALTH.id – Kesehatan tulang adalah modal utama untuk seseorang yang ingin aktif bergerak hingga usia lanjut.

Ada banyak nutrisi dan gaya hidup yang dapat membantu membangun tulang kuat, dan mempertahankannya seiring bertambahnya usia.

Berikut ini ulasan mengenai perlunya menjaga kesehatan tulang, dimulai dari tips sederhana agar tidak terkena risiko penyakit yang berkaitan dengan tulang.

Perlunya Menjaga Kesehatan Tulang

Mineral akan dimasukkan ke dalam tulang selama masa kanak-kanak, remaja, dan dewasa awal hingga usia 30 tahun.

Setelah usia tersebut maka kepadatan tulang akan mencapai massa puncaknya, yang berlanjut pada proses pengeroposan secara alami.

Sebelum terjadi pengeroposan yang semakin parah, maka perlu untuk menjaga kesehatan tulang di semua tahap kehidupan sebagai bentuk investasi kesehatan di masa depan.

Kesehatan Tulang dan Penyakit

Disadari atau tidak, kesehatan tulang akan memengaruhi kondisi tubuh seseorang, dimana tulang yang tidak mencapai puncak kepadatannya dengan baik akan memiliki peningkatan risiko mengembangkan tulang rapuh yang mudah patah.

Terdapat beberapa jenis penyakit yang berkaitan dengan kesehatan tulang, diantaranya adalah patah tulang, osteoporosis, osteogenesis imperfecta, penyakit tulang paget (kelemahan tulang), berisiko terjadi kanker dan infeksi, dan lainnya.

Tips Menjaga Kesehatan Tulang

Baca Juga: Tips Menjaga Kesehatan Tulang Bagi Lansia, Tulang Sehat dan Kuat