Find Us On Social Media :

Tak Melulu Jahat, Ini Pilihan Lemak Baik yang Berikan Manfaat Untuk Tubuh

Berikut ini perbedaan lemak baik dan lemak jahat, kenali yang perlu dikonsumsi dan yang perlu dihindari.

GridHEALTH.id – Banyak orang yang hanya mengenal bahwa lemak adalah jahat untuk tubuh, hingga anti terhadap lemak.

Pandangan ini yang membuat kebanyakan orang sangat menghindari konsumsi lemak, tanpa memahami lebih jauh kebutuhan tubuh terhadap lemak.

Mari simak ulasan mengenai pilihan lemak baik untuk berikan manfaat kepada tubuh.

Lemak Baik vs Lemak Jahat

Lemak baik adalah lemak yang dibutuhkan oleh tubuh, yang tidak seharusnya dihindari oleh seseorang karena dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik tubuh.

Lemak baik dikenal juga dengan istilah lemak tak jenuh dan bisa didapatkan dari berbagai jenis bahan makanan.

Sedangkan lemak jahat adalah lemak yang dapat menyebabkan masalah kesehatan, apalagi jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak.

Salah satu bentuk dari lemak jahat dikenal dengan sebutan lemak trans, yaitu lemak yang terbentuk saat minyak menjadi lemak pada lemak.

Lemak trans dikenal juga dengan sebutan trans fat atau asam lemak trans, dimana asam lemak ini dapat terbentuk secara alami dan asam lemak buatan, contohnya biskuit, kue, donat, gorengan, dan lainnya.

Selain lemak trans, ada juga jenis lemak jahat lainnya yaitu lemak jenuh, seperti daging, mentega, es krim, pizza, dan lainnya.

Tujuan menghindari lemak jenuh atau lemak trans untuk menghindari peningkatan kolesterol jahat dalam tubuh, yang memicu risiko terkena penyakit kolesterol dan penyakit lainnya yang berawal dari kolesterol.

Baca Juga: Hati-hati, Kolesterol Jahat Bisa Meningkat Karena Makan Es Krim