Find Us On Social Media :

Heboh Satu Keluarga Diduga Meninggal Dunia karena Kelaparan, Seberapa Lama Sebenarnya Manusia Bisa Bertahan Hidup Tanpa Makan?

Satu keluarga di Citra Garden, Kalideres, Jakarta Barat, ditemukan tewas dalam kondisi membusuk, Kamis (10/11/2022). Tiga dari empat jenazah telah diberi kapur barus agar tidak membusuk.

GridHEALTH.id - Ketahuilah seberapa lama manusia bisa bertahan tanpa makan dan minum.

Satu keluarga yang ditemukan meninggal dunia di kompleks Citra Garden 1 Extension, Kalideres, Jakarta Barat terdiri dari tiga lanjut usia (lansia).

Ketiga lansia tersebut adalah RY (71), RN (68), dan BG (69). Sementara satu korban lainnya adalah DF (42). DF adalah anak RY dan RN. Sementara BG adalah ipar RY.

Satu keluarga tersebut diduga meninggal dunia akibat tidak makan selama tiga minggu.

Dikutip dari TribunJakarta,  keempat jenazah tersebut ditemukan pada Kamis (10/11/2022).

Kapolres Metro Jakarta Barat, Kombes Pol Pasma Royce mengatakan tak ada tanda-tanda kekerasan dalam tubuh keempat korban. 

Namun, berdasarkan pemeriksaan tim dari dokter di RS Polri Kramat Jati, lambung keempat mayat ini tidak ada makanan sejak lama. 

"Bahwa mayat ini tidak ada makan dan minum cukup lama. Karena dari otot-ototnya mengecil," katanya kepada Wartawan pada Jumat (11/11/2022). 

Penemuan satu keluarga tewas membusuk di Kalideres karena diduga kelaparan ini mengejutkan banyak pihak.

"Jadi itu bapaknya, ibunya, iparnya semuanya di waktu yang berbeda meninggalnya. Sehingga pembusukan masing-masing berbeda-beda," tambahnya. 

Kejadian ini tentunya menyita perhatian publik, pasalnya banyak yang mempertanyakan soal ketahanan manusia jika tak makan dan minum.

 Baca Juga: Dengan Bergetar Jokowi Sampaikan Krisis ke 3 yang Tengah Melanda, Ajak Suluruh Masyarakat Beroda

Ahli penyakit dalam sekaligus Chairman Junior Doctor Network (JDN) Indonesia, dr. Andi Khomeini Takdir mengatakan, durasi manusia bisa hidup tanpa makan dan minum sangat bervariasi.

Namun, manusia akan lebih lama bertahan hidup tanpa makanan daripada minuman.