Find Us On Social Media :

7 Jenis Penyakit Mata yang Sering Terjadi dan Cara Mengobatinya

Berikut ini 7 jenis penyakit yang sering menyerang mata, kenali cara pengobatannya.

GridHEALTH.id - Mata sebagai salah satu organ penting dalam tubuh memiliki peran yang besar dalam indra penglihatan manusia.

Sehingga setiap orang perlu menjaga kesehatan mata, jika tidak maka mata juga berisiko terkena penyakit.

Kenali berbagai jenis penyakit mata yang sering terjadi, agar dapat dicegah dari sekarang, ada dalam ulasan berikut ini.

Penyakit Mata yang Sering Terjadi

1. Katarak

Baca Juga: Ramuan Herbal Kolesterol Tinggi dari Kedelai, Simak Cara Pembuatnya

Katarak adalah kekeruhan lensa mata dan merupakan penyebab utama kebutaan di seluruh dunia. Penyakit ini dapat terjadi pada usia berapa pun dengan berbagai penyebab dan dapat muncul dari sejak lahir.

Pengobatan yang dilakukan bisa dimulai dari perawatan dari rumah, dengan menggunakan lampu yang lebih terang, mengenakan kacamata anti silau, gunakan lensa pembesar untuk membaca dan aktivitas lainnya.

Selain itu, dokter juga bisa menyarankan untuk operasi, dengan mengangkat lensa yang keruh dan menggantinya dengan lensa baru buatan, yang bisa disebut dengan lensa intraocular (IOL), operasi ini tergolong sangat aman.

2. Degenerasi Makula Terkait Usia (AMD)

Ini adalah gangguan mata yang terkait dengan penuaan dan mengakibatkan kerusakan penglihatan yang tajam dan sentral, dimana penglihatan sentral berfungsi untuk melihat objek dengan jelas untuk tugas harian seperti membaca.

AMD ada dua jenis, yaitu AMD basah, saat pembuluh darah abnormal di belakang retina mulai tumbuh di bawah makula yang dapat menyebabkan kebocoran darah dan cairan.