Find Us On Social Media :

Jangan Lakukan yang Salah, Berikut Tips Gaya Hidup Penderita Asam Urat Agar Tetap Sehat

Olahraga teratur, gaya hidup sehat untuk penderita asam urat.

GridHEALTH.id - Meskipun kita tidak dapat memprediksi kapan serangan asam urat akan terjadi, ada beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk mencegah serangan. Mengembangkan pola hidup sehat adalah salah satunya.

Tips Untuk Penderita Asam Urat Supaya Tetap Sehat

Kiat gaya hidup di bawah ini memainkan peran utama dalam mencegah serangan asam urat. Sebagai bonus tambahan, mereka juga dapat membantu mencegah beberapa komplikasi asam urat seperti penyakit ginjal dan penyakit jantung.

- Batasi alkohol dan makanan kaya purin. Penderita asam urat sebaiknya menghindari makanan kaya purin seperti daging berlemak dan kerang.

Juga, batasi alkohol  terutama bir karena dapat meningkatkan kadar asam urat. Kabar baiknya, mengonsumsi makanan tertentu, seperti ceri, kopi, dan makanan kaya vitamin C, dapat membantu mencegah serangan asam urat.

- Minum banyak air.  Ini sangat penting jika menderita asam urat karena tetap terhidrasi dapat membantu mengeluarkan asam urat dan mencegah pembentukan kristal asam urat.

- Atasi stres.  Stres dapat memicu serangan asam urat, dan dapat memperburuk gejala serangan asam urat.

Meskipun tidak mungkin untuk sepenuhnya menghilangkan semua stres, ada sejumlah cara untuk membantu meminimalkannya. Jika  mengalami serangan asam urat, mengurangi stres juga dapat membantu kita berfokus pada hal-hal selain rasa sakit.

Teknik relaksasi, seperti meditasi dan pernapasan dalam bisa sangat membantu dalam mengendalikan stres.

- Rajin berolahraga. Tetap aktif secara fisik adalah bagian dari gaya hidup sehat, dan dapat membantu mencegah serangan asam urat di masa depan.

Di antara banyak manfaat berolahraga dengan asam urat, ada baiknya kita menurunkan berat badan.

Kelebihan berat badan atau obesitas merupakan faktor risiko asam urat, tetapi jika  sudah menderita asam urat, menjaga berat badan yang sehat dapat membantu mencegah serangan asam urat. Olahraga juga dapat membantu mengelola stres secara efektif.

Jika saat ini  sedang mengalami serangan asam urat, sebaiknya tidak berolahraga sampai rasa sakit dan peradangan berkurang.