Find Us On Social Media :

Sakitnya Parah hingga Tak Bisa Berdiri, Beberapa Pilihan Makanan ini Bisa Bantu Dinda Kirana Sembuhkan Kista

Sempat diidap oleh Dinda Kirana, inilah makanan untuk kesehatan pengidap kista

GridHEALTH.id - Berbagai makanan ini bisa bantu pengidap untuk sembuhkan sakit kista, seperti yang dialami Dinda Kirana.

Beberapa waktu silam, kabar kurang sedap datang dari artis peran Dinda Kirana.

Ia diketahui masuk rumah sakit karena penyakit kista yang menjangkitinya.Dinda Kirana juga sempat curhat bagaimana dirinya sampai mendapat kista hingga harus menjalani operasi."Jadi kemarin aku operasi kista di bagian ovarium, ovarium itu sel telur. Dokter menduga ini termasuk kista endometriosis yang memang common untuk perempuan," ujar Dinda Kirana masih mengenakan baju rumah sakit, Jumat (11/6/2021).Gadis 27 tahun itu mengungkapkan sudah mengetahui bahwa dirinya menderita kista sejak tahun lalu, namun Dinda Kirana mengaku selaku menunda-nunda pengobatan.

"Jadi tahun lalu besar kistaku tuh cuma 3 cm. Butuh waktu satu tahun, jadi kistaku ada 2 di ovarium kanan kiri (sekarang) ada yang ukuran 12 cm dan ada yang ukuran 5 cm dan itu udah termasuk besar sekali," bebernya.Meskipun beberapa kali merasakan sakit, Dinda Kirana terus menunda berobat hingga sudah tak tertahankan lagi.Dinda juga mengaku ada beberapa gejala yang dirasakanya saat kista masih bersarang di tubuhnya."Gejalanya sih aku menstruasi itu sakit banget, sakitnya sampai nggak bisa berdiri," ucapnya.Bahkan Dinda sempat harus berhenti di tengah-tengah syuting karena sakit yang tak tertahankan itu.

Baca Juga: Jangan Abaikan Penyakit Berbahaya ini, Kenali Beberapa Jenis hingga Gejala yang Terjadi Pada Kista

"Sudah mencoba minum cairan penghilang rasa sakit saat menstruasi, ya gak mempan sama sekali," kata Dinda Kirana.

Makanan yang dihindari oleh penderita kista

Dari kejadian tersebut, Dinda Kirana diwanti-wanti agar tidak mengonsumsi makanan-makanan yang berbahaya untuk pengidap kista.

Sebenarnya, makanan untuk pengidap kista ginjal mirip seperti makanan untuk pengidap gangguan ginjal lainnya.

Paling penting, pengidap ginjal ini sebaiknya menghindari makanan yang mengandung tinggi protein, fosfor, garam, dan kalium.

Beberapa jenis makanan ini baik untuk pengidap masalah ginjal.

1. Putih Telur

Meskipun kuning telur dinilai sangat bergizi, tapi kandungan fosfor didalamnya ternyata cukup tinggi.