Find Us On Social Media :

Ketahui yang Dimaksud Penyakit Mata Menular, Seberapa Berbahaya?

Penyakit mata bintitan menyebabkan kelopak mata bengkak dan kemerahan.

GridHEALTH.id – Mata sebagai jendela dunia perlu untuk dijaga kesehatannya, dengan demikian mata dapat bekerja dengan maksimal sesuai fungsinya.

Jika kesehatan mata tidak dijaga, maka tidak menutup kemungkinan seseorang akan mengalami beragam gangguan mata.

Mata yang tidak dijaga juga dapat terinfeksi hingga menyebabkan penyakit mata, inilah yang sering didengar sebagai penyakit mata menular. Simak ulasannya berikut ini.

Penyakit Mata Menular

Penyakit mata menular adalah penyakit mata yang berasal dari infeksi mata, akibat virus atau bakteri, terkadang juga oleh jamur.

Beberapa gejala yang ditimbulkan dari mata terinfeksi adalah mata merah, infeksi pada kelopak mata (blepharitis), dan ulkus kornea yang menyebabkan mata merah, bengkak, berair, dan nyeri.

Gejala yang lain dapat juga ditimbulkan sesuai dengan penyebab penyakit mata menular terjadi, maka perlu mengenali jenis-jenis penyakit mata menular yang terinfeksi.

Berikut ini beberapa jenis penyakit mata menular, yaitu:

1. Konjungtivitis menular –

Penyakit ini umum terjadi dengan kondisi yang menyebabkan pelebaran pembuluh darah konjungtiva dan menyebabkan peradangan, dapat berasal dari konjungtivitis virus dan bakteri. Penyakit mata ini akan terlihat sangat merah dan menular.

2. Keratitis menular –

Ini adalah keadaan darurat mata yang memerlukan perhatian segera karena dapat berkembang cepat dan menjadi penyebab signifikan kebutaan kornea, faktor risikonya dapat berasal dari trauma fisik dan kimia, abrasi kornea, efek lensa kontak, operasi refraktif, diabetes, penyakit imunosupresif, dan steroid topikal.

3. Stye/Bintitan

Penyakit mata menular ini adalah penyakit mata yang menyebabkan benjolan di kelopak mata, yang terjadi saat bakteri dari kulit masuk ke folikel rambut bulu mata.

Baca Juga: Ketahui Gejala Awal Penyakit Mata Buta Warna dan Pengobatan yang Tepat

4. Endoftalmitis –

Kondisi saat adanya infeksi cairan atau jaringan di dalam mata, perlu perawatan medis segera karena dapat menyebabkan kebutaan.