Find Us On Social Media :

Biduran, Sebaiknya Mandi Air Dingin atau Air Hangat? Ini Penjelasannya

Manfaat mandi air dingin lebih disarankan di saat biduran kambuh.

GridHEALTH.id - Pada beberapa pasien dengan gatal-gatal akibat biduran kronis, mereka memperhatikan bahwa ada situasi tertentu yang dapat membuat gatal-gatal mereka tampak lebih buruk.

Menaikkan suhu tubuh seperti yang terjadi saat seseorang masuk ke kamar mandi dan mandi dengan air hangat, adalah salah satu situasi di mana saat suhu tubuh dinaikkan, lalu keluar dari kamar mandi dan melepas handuk, hal ini dapat menjadi pemicu sel-sel kulit yang membawa histamin kimiawi gatal.Diketahui juga bahwa saat seseorang menghangatkan kulit, seperti saat Anda keluar di bawah sinar matahari atau saat berolahraga dan berkeringat, kita meningkatkan aliran darah ke kulit tubuh.

Itu bisa menjadi alasan lain mengapa kita melihat lebih banyak biduran segera setelah suhu tubuh meningkat.

Pada biduran kronis, mandi air hangat/ panas atau berendam dapat memperburuk gatal-gatal.

“Panas dapat menyebabkan vasodilatasi, yang pada dasarnya memberi suplai darah lebih banyak dan peluang untuk menyebar,” kata Dr. Steven Ogden, penasihat senior pada American Academy of Dermatology.

Sebagai gantinya, mandi air biasa atau air dingin bisa meredakan gatal. Selalu gunakan sabun dan produk lain yang tidak beraroma dan dibuat untuk kulit sensitif.

Sementara itu, dilansir dari akun TikTok @dokterkulitkucom pada Selasa (21/06/2022) dr Arthur, SpKK, FINSDV membenarkan bahwa air panas dapat menyebabkan biduran semakin meningkatkan rasa gatal.

Menurutnya, kondisi biduran tetap diperbolehkan untuk mandi. Namun, tergantung suhu air yang digunakan saat membersihkan badan tersebut.

"Sebenarnya orang yang sedang mengalami biduran diperbolehkan untuk mandi, tergantung suhu air yang digunakan saat membersihkan badan tersebut," kata dr Arthur, ahli kesehatan sekaligus content creator yang sering membagikan edukasi soal kesehatan, kecantikan hingga kulit kelamin untuk orang awam.

Justru sebenarnya, jika lagi biduran yang tidak boleh mandi menggunakan air panas. "Kalau lagi biduran itu yang nggak boleh adalah mandi air panas, kalau mandi biasa boleh," lanjutnya

Jika mandi dengan air biasa (dingin) diperbolehkan. Pasalnya, mandi dengan air dingin dapat menciutkan pembuluh darah yang melebar dan juga membantu mengurangi rasa gatal.

Baca Juga: Begini Cara Menghilangkan Biduran Pada Anak Agar Tidak Kambuh Lagi