Find Us On Social Media :

Masih Suka Masturbasi? Simak deh Artikel Berikut Supaya Tahu Lebih Jelas Aktivitas Seksual Ini

Mengenal lebih detail mengenai masturbasi yang suka dilakukan pria maupun wanita.

GridHEALTH.id -Selenain penetrasi, aktivitas seksual yang sudah tak asing lagi didengar adalah masturbasi, banyak dilakukan pria juga wanita.

Tapi tahukah, jika pria punya kebiasaan masturbasi bisa memicu ejakulasi dini.

Apa Itu Masturbasi?

Menurut Medical Sexologist, dr. Binsar Martin Sinaga, FIAS, dari Medical Sexologist di Klinik RMC Depok, MMAC Jakarta Selatan, dan Renata Medical Clinic Bogor, masturbasi tidak menganggu anatomi organ. Tetapi fantasi seksnya akan terganggu.Alasannya, melasnir Tribunhealth.com (24/11/2022), masturbasi itu bukan berhubungan seksual, melainkan aktivitas seksual.Sehingga fantasi seksnya cepat sekali terbentuk, maka yang terjadi dia tidak akan bisa kontrol fantasi seks itu."Apalagi kalau bertemu dengan pasangan wanitanya, akhirnya yang terjadi ejakulasi dini," jelasnya.Walhasil masturbasi akan diikuti fantasi seks tidak terkontrol akhirya menjadi ejakulasi dini.Biasanya jika sudah menderita ejakulasi dini akan diikuti gangguan ereksi.Penting juga diketahui, pada pria yang sering melakukan masturbasi terancam bisa mengalami kanker prostat!

Mengenai masturbasi dan kankerprostat ada pendapat dari hasil peneltian University of Nottingham, Inggris.

Penelitian tersebut mengevaluasi riwayat kehidupan seksual 840 pria yang melakukan masturbasi 1 sampai 7 kali seminggu pada saat dewasa muda, yaitu usia 20- 30 tahun.

Baca Juga: Pentingnya Bangun Pagi Sebelum Matahari Terbit, Ini 5 Manfaatnya dan Tips Bisa Tidur Nyenyak

Hasilnya, ternyata mereka memiliki risiko terserang kanker prostat lebih tinggi daripada pria yang melakukan masturbasi 1 atau kurang dari 1 kali dalam sebulan.

Dari hasil ini, para peneliti kemudian berteori, hormon seksual pria (androgen) meningkat drastis pada pria dewasa muda yang sering melakukan masturbasi.

Peningkatan androgen inilah yang dianggap sebagai salah satu biang risiko kanker prostat.

Meski begitu, para peneliti belum bisa menjelaskan secara lebih detail hubungan antara masturbasi dan kanker prostat.

Lantaran itu masih diperlukan penelitian lebih lanjut.

Dampak Negatif Masturbasi

Dampak negatif lainnya dari masturbasi yang bisa terjadi pada pria dan juga wanita, adalah sebagai berikut: