Find Us On Social Media :

5 Tips Beli Sepatu yang Tepat dan Masalah Kesehatan yang Bisa Munucl Bila Salah Pilih Sepatu

Sepatu yang tepat perlu disesuaikan dengan bentuk kaki dan tujuan penggunaan.

GridHEALTH.id - Sepatu merupakan alas kaki yang banyak digunakan oleh segala kelompok usia, mulai dari anak-anak hingga dewasa.

Berbagai macam aktivitas, seperti sekadar berjalan-jalan atau melakukan olahraga berat, dapat dilakukan dengan nyaman saat menggunakan sepatu.

Akan tetapi, ketika membelinya diperlukan kehati-hatian agar aktivitas serta kesehatan tidak terganggu.

Tips membeli sepatu yang tepat

Dokter Spesialis Bedah Ortopedi dr Langga Sintong, Sp.OT(K) dari Rumah Sakit Siloam Kebon Jeruk membagikan tips dan trik membeli sepatu agar tetap nyaman.

Pertama, ia mengatakan untuk mengenal terlebih dahulu kondisi dari kaki sendiri. Sebab, bentuk kaki yang bermacam-macam memengaruhi alas kaki yang cocok digunakan.

"Kita harus mengetahui bentuk dan karakteristik kaki kita. Karena masing-masing berbeda, ada yang kakinya flat, high arch, jadi kita harus mengetahui bentuk kaki kita," kata dokter Langga dalam acara Skechers World of Comfort di Jakarta, Kamis (24/11/2022).

Kedua, penting untuk membelinya sesuai dengan kebutuhan. Misalnya untuk olahraga, maka tentukan jenis latihan apa yang akan dilakukan.

Sehingga, sepatu yang dibeli dan nantinya digunakan sesuai dengan jenis olahraga yang dijalani.

Ketiga, menurutnya yang tak kalah penting adalah waktu membeli sepatu. Disarankan untuk melakukannya saat sore hari.

"Kalau pagi hingga siang, itu kakinya beraktivitas jadi membesar maka rasanya sempit. Jadi, sebaiknya milihnya di sore hari," ujarnya. 

Baca Juga: Seperti Inilah Cara Sepatu Hak Tinggi Merusak Kesehatan Wanita

Keempat, tips membeli sepatu yang tepat dan tidak berdampak pada kesehatan adalah dengan membawa alas kaki yang biasa digunakan beserta kaus kakinya.