Find Us On Social Media :

Ciri-ciri Kolesterol Tinggi Bisa Dilihat dan Dirasakan Pada Bagian Tubuh Ini

Tanda kolesterol tinggi di kaki, salah satunya nyeri saat berjalan, kenali tanda yang lainnya.

GridHEALTH.id - Kolesterol tinggi adalah kondisi yang cukup umum di mana terlalu banyak kolesterol beredar dalam darah.

Kolesterol adalah lipid (lemak) yang dapat menumpuk menjadi plak di arteri, mempersempitnya dan menyempitkan aliran darah ke dan dari jantung.  Ini dapat menyebabkan penyakit jantung, serangan jantung, atau stroke.Kolesterol tinggi biasanya tidak menimbulkan gejala kecuali jika menyebabkan komplikasi. Ini berarti bahwa kita sering tidak tahu bahwa kita memiliki kolesterol tinggi sampai dokter menguji darah kita.

Yang Dirasakan Tubuh Ketika Mengalami Kolesterol Tinggi.

Tidak ada keluhan “khas” yang dapat menggambarkan tingginya kadar kolesterol dengan pasti. 

Meski begitu, ada beberapa gejala yang sering dirasakan saat seseorang mengalami kolesterol tinggi, di antaranya

1. Nyeri di bagian tengkuk.

Hal ini dikaitkan dengan penumpukan plak di pembuluh darah pada area leher. Penumpukan plak ini dapat menghalangi aliran darah yang ada di leher dan menuju ke otak.

2. Kita juga mudah merasa lelah dan nyeri di kaki.

Ini akibat plak di pembuluh darah yang muncul sebagai dampak dari tingginya kadar kolesterol dalam darah dapat menyebabkan berkurangnya aliran darah ke jaringan tubuh.

Hal inilah yang akhirnya membuat penderita kolesterol tinggi menjadi lebih mudah merasa lelah. Selain itu, jika penumpukan plak ini terjadi pada pembuluh darah di kaki, maka area kaki penderita dapat terasa berat, nyeri, bahkan terasa perih seperti terbakar.

3. Nyeri di bagian dada.

Saat kadar kolesterol terlalu tinggi, penumpukan plak juga bisa terjadi di pembuluh darah jantung. Hal ini bisa mengganggu, bahkan menghambat aliran darah menuju jantung.Salah satu keluhan yang umumnya muncul akibat hal tersebut adalah nyeri di bagian dada. Bahkan jika sumbatannya total, hal ini bisa menyebabkan terjadinya serangan jantung.

Selain dirasakan oleh tubuh, kadar lemak yang bersirkulasi tinggi (kolesterol dan trigliserida) terkadang dapat menyebabkan perubahan kulit yang nyata.

Baca Juga: Hari Kesehatan Nasional, Cegah Sejak Dini Kolesterol Tinggi di Usia Remaja

Baca Juga: Obat Biduran dari Bahan Alami Sesuai Resep Dokter Zaidul Akbar, Ternyata Ampuh Pakai Bahan Dapur Ini!

Petunjuk pertama bahwa  memiliki kolesterol tinggi mungkin datang dalam serangkaian benjolan yang tidak dapat dijelaskan, bercak kulit kekuningan yang lembut, atau perubahan warna pada ekstremitas.Gejala kulit ini mungkin merupakan tanda penting bahwa kita perlu mengelola kadar kolesterol kita.