Find Us On Social Media :

Healthy Move, Rutin Latihan Tai Chi, Dapat 5 Manfaat Ini Bagi Tubuh

Tai chi, olahraga untuk semua usia yang memberi banyak manfaat kesehatan.

GridHEALTH.id - Gerakan Tai Chi tampak sinkron dan lambat, sehingga terkesan 'membosankan'. Tapi jangan salah, tai chi adalah latihan yang excellent, bisa dilakukan siapa saja, dapat meningkatkan koordinasi, keseimbangan, mobilitas, dan kekuatan, serta kemampuan pikiran kita.“Tai chi adalah latihan pikiran-tubuh yang bergerak yang berasal dari seni bela diri Asia dan pengobatan tradisional Tiongkok,” jelas Peter Wayne, PhD, profesor kedokteran dan direktur Osher Center for Integrative Medicine di Harvard Medical School dan Brigham dan Rumah Sakit Wanita.

“Tai chi memperkenalkan gerakan lambat, lembut, berulang, dengan pernapasan terintegrasi dengan kesadaran tubuh, fokus mental, citra, dan visualisasi,” katanya.Ada elemen fisik dan mental untuk tai chi, dan lebih banyak penelitian ilmiah muncul tentang seberapa besar dampaknya untuk meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Meskipun terkenal karena manfaat penahan stresnya, ada manfaat potensial lainnya juga, seperti membantu meredakan kondisi nyeri dan gejala terkait kanker, dan menurunkan gula darah, serupa dengan bentuk olahraga lainnya, catat National Center for Complementary and Integrative. Kesehatan (NCCIH).

Manfaat Latihan Tai Chi Bagi Tubuh

Berikut 5 manfaat Tai Chi sehingga layak dipertimbangkan untuk dilakukan setiap hari;

1. Mengurangi risiko jatuh

“Tai chi adalah salah satu alat paling efektif yang tersedia untuk meningkatkan keseimbangan dan mengurangi jatuh,” kata Dr. Wayne.

Dalam tinjauan sistematis dan meta-analisis yang diterbitkan di BMJ Open pada Februari 2017 pada hampir 4.000 orang, mereka yang berlatih tai chi 20 persen lebih kecil kemungkinannya untuk jatuh daripada kelompok kontrol yang tidak berlatih tai chi.

Semakin konsisten seseorang berlatih tai chi, semakin besar perlindungan terhadap jatuh,  kata penelitian.

Latihan ini tidak hanya meningkatkan keseimbangan, tetapi juga meningkatkan proprioception (rasa posisi tubuh  di ruang angkasa), kekuatan otot, dan daya tahan, menurut para peneliti.

2. Meningkatkan kesehatan jantung

Baca Juga: Malas Berkeringat? Lihat Bagaimana Olahraga Seperti Tai Chi Dapat Menurunkan Tekanan Darah!

Baca Juga: Hari Kesehatan Nasional, Pemberian Vaksin Dosis Kedua Untuk Lansia Sesuai Izin Kemenkes

Sebuah meta-analisis sistematis yang diterbitkan pada November 2022 dalam Journal of Complementary Therapies in Clinical Practice melihat tujuh uji coba terkontrol secara acak dari 503 peserta hipertensi dan menunjukkan bahwa peserta yang melakukan tai chi lima kali per minggu selama 60 menit per sesi menurunkan angka tekanan darah sistolik dan diastolik.

Para penulis mencatat bahwa penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memahami sepenuhnya bagaimana tepatnya latihan tai chi yang konsisten dapat memengaruhi tekanan darah.Di antara orang-orang yang memiliki penyakit jantung, mereka yang secara teratur berlatih tai chi melaporkan lebih sedikit stres, kecemasan, dan depresi serta kualitas hidup yang lebih baik dibandingkan dengan kelompok kontrol, menurut tinjauan sistematis dan meta-analisis dari 15 studi yang diterbitkan dalam European Journal of Cardiovascular pada Oktober 2020.