Find Us On Social Media :

Anda Bisa Hidup Hingga 150 Tahun Lebih, Studi Membuktikannya

Hasil penelitian, manusia sekarang bisa hidup hingga 150 tahun.

GridHEALTH.id - Mati dan menjadi tua adalah hukim alam bagi manusia yang tidak dielekan, juga tidak ada obat penawarnya.

Tapi tahukah, saat ini manusia disebut bisa hidup hingga 150 tahun, bahkan lebih.

Hal tersebut didapat bukan hasil terawangan dukun, tapi hasil studi ilmiah.

Dalam penelitian berjudul Human Mortality at Extreme Age pada 2021, dikutip dari Tempo.co (28/11/2022), Anthony C. Davison bersama tiga peneliti lainnya menganalisis data terbaru tentang supercentenarian yang diambil dari International Database on Longevity.

Supercentenarian merujuk pada orang-orang berusia 110 tahun atau lebih dan semi-supercentenarian yang berusia 105 tahun atau lebih.

Baca Juga: Segera Isoman dan Tes PCR Jika Alami Rhinorrhea, Apa Itu? Ini Ulasannya

Analisis para peneliti menunjukkan, risiko kematian umumnya meningkat sepanjang hidup manusia.

Namun, menurut penelitian yang diterbitkan di jurnal Royal Society Open Science itu, risiko kematian tersebut pada akhirnya tetap dan konstan pada usia sekitar 50 tahun.“Di luar usia 110 tahun, seseorang dapat menganggap hidup satu tahun lagi hampir seperti melempar koin secara adil,” kata Davison, Profesor Ilmu Statistik dari Institut Teknologi Federal Swiss di Lausanne yang memimpin penelitian tersebut, seperti dilansir dari Science Alert.Berdasarkan data hasil penelitian ini, Davison menyimpulkan, manusia dapat hidup hingga setidaknya 150 tahun jika mereka beruntung dengan lemparan koin setiap tahun setelah 110 tahun.

Namun, mengekstrapolasi dari temuannya, disebutkan juga dalam penelitian itu bahwa tidak ada batasan sebenarnya terkait umur manusia.Menurut Davison, meski penelitian menemukan manusia secara teoritis dapat mencapai 130 tahun atau lebih, hal itu tidak berarti manusia bisa memprediksinya dalam waktu dekat.

Baca Juga: 5 Penyebab Jerawat Sering Kambuh dan Cara untuk Mengatasinya

"Bahkan pada usia 110, peluang Anda untuk mencapai 130 adalah sekitar satu dalam sejuta ... bukan tidak mungkin tetapi sangat kecil," kata Davison.Seseorang bisa saja mencapai 130 tahun, lantaran berdasarkan data yang ditemukan Davison, semakin banyak orang yang mencapai status supercentenarian.

Ini meningkatkan kemungkinan seseorang menjadi satu dalam sejuta untuk harapan itu.