Find Us On Social Media :

Segera Isoman dan Tes PCR Jika Alami Rhinorrhea, Apa Itu? Ini Ulasannya

Kenali rhinorrhea sebagai salah satu gejala baru dari Covid-19, segera tes PCR dan isoman.

GridHEALTH.id – Covid-19 seolah telah berbaur dengan masyarakat dalam sehari-hari setelah dua tahun lebih masyarakat beradaptasi dengan kebiasaan baru.

Meski masyarakat sudah terbiasa dengan Covid-19, imbauan untuk tetap memperhatikan protokol kesehatan dan menggunakan masker, serta melengkapi vaksinasi masih menjadi tanggung jawab masyarakat bersama.

Hal ini dilakukan semata-mata untuk menghindari adanya lonjakan kasus yang tak terkendali dan menimbulkan kekhawatiran seperti saat Covid-19 pertama kali muncul.

Ancaman akan varian dan subvarian baru terus ada, masyarakat perlu mengetahui perkembangan terbaru termasuk gejala baru seperti rhinorrhea.

Kondisi Covid-19 di Indonesia per 28 November 2022

Berdasarkan data dari Kemenkes per 28 November 2022, tercatat ada 3.225 kasus baru Covid-19 di Indonesia dengan tambahan 5.864 dinyatakan sembuh dari Covid-19 dan 59 kasus baru yang meninggal.

Sejauh ini ada beragam varian dari Covid-19 di Indonesia, yaitu subvarian omicron XBB, BA.5 dan BA.2.

Gejala Baru Covid-19 yang Perlu Dikenali

Meringkas penjelasan dari pakar UGM sekaligus peneliti dari FKKMK UGM, dr. Gunadi, PhD, Sp.BA. menyebutkan rata-rata karakteristik varian Omicron memiliki tanda-tanda gejala awal, seperti:

- Batuk

- Fatigue

Baca Juga: Hari Kesehatan Nasional, Pemberian Vaksin Dosis Kedua Untuk Lansia Sesuai Izin Kemenkes