Find Us On Social Media :

5 Makanan yang Wajib Dikonsumsi Bagi Penderita Hipertensi, Perbanyak Jenis Makanan Ini!

Pola makan DASH jadi diet hipertensi menurunkan tekanan darah.

GridHEALTH.id – Penyakit hipertensi umum didengar di kalangan masyarakat luas, namun mungkin tidak semuanya benar-benar paham mengenai penyakit ini.

Sebagai penyakit yang berkaitan erat dengan darah, sebenarnya sangat dapat dicegah atau dikurangi melalui makan sehat yang sesuai dengan makanan untuk penderita hipertensi.

Simak ulasannya berikut ini mengenai makanan untuk penderita hipertensi hingga gejala yang perlu diwaspadai.

Apa Itu Hipertensi?

Hipertensi adalah penyakit darah tinggi yang dapat diketahui dari pengukuran tekanan darah atau sampai saat tekanan darah tinggi mulai merusak organ vital tubuh.

Penyakit ini bisa dikontrol, namun juga dapat memicu timbulnya penyakit berbahaya yang berisiko pada kematian, seperti stroke dan serangan jantung.

Selain kedua penyakit ini, hipertensi juga berisiko menyebabkan gagal jantung, merusak ginjal, mengganggu penglihatan, ingatan, hingga meredam aktivitas seksual.

Faktor Risiko Hipertensi

Ada beberapa faktor risiko yang dapat diubah untuk mengontrol kondisi hipertensi seperti pola makan yang tidak sehat, terdiri dari konsumsi garam berlebih, tinggi lemak jenuh dan lemak trans, asupan buah dan sayuran yang rendah, kurang aktivitas fisik, obesitas, hingga konsumsi tembakau dan alkohol.

Sedangkan faktor risiko hipertensi yang tidak mungkin untuk diubah adalah riwayat keluarga yang hipertensi dan penyakit yang mendasarinya, seperti diabetes atau penyakit ginjal.

Gejala Hipertensi

Baca Juga: Mengendalikan Hipertensi Tinggi Untuk Cegah Terjadinya Stroke, Simak Caranya

Sebagai salah satu penyakit yang disebut “silent killer”, banyak orang yang tidak menyadari terjadinya hipertensi karena gejala yang mungkin tidak terlalu terlihat. Inilah pentingnya untuk mengukur tekanan darah secara teratur.